Like Us Facebook

Semua Tentang TPA (Tim Pembersih Al-Iman)


Kehadiran mereka menjadikan stabilitas kebersihan lingkungan Ponpes Al-Iman Bulus dapat terjaga dengan optimal, sehingga tercipta lingkungan pondok yang BASIT (Bersih, Aman, Sehat, Indah, dan Tertib).



Oleh: Tim Redaksi

Dalam Islam, kebersihan memiliki kedudukan yang penting. 

    Hal ini salah satunya dapat dibuktikan dengan bagaimana Islam menjadikan bersihnya tubuh, pakaian dan tempat menjadi syarat sahnya suatu ibadah, sehingga para ulama menempatkan bab thaharah menjadi bab pertama dalam kitab-kitab Fiqh pada umumnya.


* * *


Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya debu, sampah, bau, dan lain sebagainya.

    Namun, di pondok pesantren -yang notabenenya adalah lembaga pendidikan Islam yang menaungi ratusan bahkan ribuan santri dalam memperdalam keilmuan Islam- masih dijumpai beberapa santri yang kurang peduli dengan kebersihan lingkungannya, masih membuang sampah sembarangan, tidak berpartisipasi dalam piket komplek dan lain sebagainya.

    Sehingga, untuk menangani itu pondok pesantren membentuk bidang kebersihan pesantren yang bertugas menjaga kebersihan dan mengedukasi santri bahwa menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama.

 

Yang (Kadang) Terlupakan: TPA (Tim Pembersih Al-Iman)

Bidang Kebersihan adalah bidang yang bertugas menangani masalah kebersihan lingkungan dibawah Yayasan Ponpes Al-Iman Bulus. 

    Hadirnya Bidang Kebersihan di Yayasan Ponpes Al-Iman Bulus tercinta kita ini, tentunya sangat membantu para santriwan dan santriwati dalam menjaga kebersihan.

Kehadiran mereka menjadikan stabilitas kebersihan lingkungan Ponpes Al-Iman Bulus dapat terjaga dengan optimal, sehingga tercipta lingkungan pondok yang BASIT (Bersih, Aman, Sehat, Indah, dan Tertib).

 

Fasilitas, Markas & Truk Baru, Jadikan Semangat Terbarukan

Ada yang baru nih, senggol donk! Apa yak? Yaps, fasilitas, markas dan truk yang digunakan oleh mereka, Petugas Kebersihan, sekarang baru semua.

Saat kami mewawancarai Mas Nur Rahmat Jati (Mas Jati) selaku Dewan Penasehat Bidang Kebersihan, menurutnya, harapan terbesar dengan adanya unsur ‘baru’ tersebut adalah agar semangat mereka juga terbarukan, terutama dalam menjaga “Al-Iman” agar sesuai dengan slogan yang sering kita dengar, “Kebersihan sebagian dari Iman”.

 

Dari TPA, oleh TPA, Namun untuk Kita

Seperti kata Denny Caknan dalam lirik lagu ‘Wirang’-nya, Opo wong tulus wis garise ngeneSlalu ngancani ilang endinge.”

Begitulah ‘nasib’ para petugas Bidang Kebersihan, yang selalu menemani (slalu ngancani) para santri dalam menjaga kebersihan, dari mulai area pondok putra dan putri, sampai seluruh area madrasah di bawah satuan Yayasan Pendidikan Al-Iman Bulus Purworejo.

Meski peran mereka cukup besar, namun seakan masih saja mereka akhirnya ‘ditinggalkan’ (ilang endinge), masih saja ada santri yang acuh pada tanggung jawab bersama menjaga kebersihan lingkungan pesantren.

Oleh karena itu, mari kita sebagai santri lebih menghargai kerja keras mereka dengan lebih rajin lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan kita, baik yang ada di area asrama pondok maupun area madrasah.


Posting Komentar

0 Komentar