Like Us Facebook

Sejarah Peringatan Hari Perdamaian Dunia, yang Diperingati Setiap 21 September

 


Salah satu cara untuk merayakan Hari Perdamaian Internasional adalah memulai percakapan atau membagikan pemikiran tentang mengapa perdamaian itu penting. 



Oleh: Fera Nurul Fikma

Negara mana di belahan dunia ini yang tidak menginginkan perdamaian? Karena dengan perdamaianlah kesejahteraan, keharmonisan, keadilan dan kebebasan seluruh masyarakatnya akan terjamin.


* * *


Dari konsep ini muncul yang namanya perdamaian dunia. Nah, apa sih arti penting perdamaian dunia sebenarnya? Dan apa yang melatarbelakangi adanya perdamaian dunia? 

Nah, artikel ini akan mengajak kalian menyelami arti penting perdamaian dunia serta bagaimana sejarah Hari Perdamaian Dunia.

 

Sejarah Hari Perdamaian Dunia

Ketika perdamaian dunia terjadi, setiap negara dapat melaksanakan tugasnya sendiri dengan baik tanpa adanya gangguan dari pihak manapun. Karenanya, perdamaian dunia sangat dibutuhkan, bahkan peringatannya pun dianggap penting.

Namun, kalian tau nggak sih, kapan Hari Perdamaian Dunia diperingati? Hari Perdamaian Dunia diperingati setiap tanggal 21 September. 

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyatakan hari ini sebagai hari yang bertujuan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, dengan menjalankan 24 jam non-kekerasan dan genjatan senjata.

Lebih jelasnya, kita akan membahas bagaimana sejarah Hari Perdamaian Dunia ditetapkan. Pada mulanya, Hari Perdamaian Dunia atau sering juga dikenal dengan International Peace Day ditetapkan pada tahun 1981 oleh Majelis Umum PBB, tepatnya tangggal 15 September 1981.

Awalnya, Hari Perdamaian Dunia ini diperingati setiap hari Selasa ketiga bulan September yang bertepatan dengan Hari Pembukaan Sidang Tahunan Majelis Umum PBB. 

Dua dekade kemudian, yaitu tahun 2001, Majelis Umum PBB dengan suara bulat memilih untuk menetapkan tanggal 21 September sebagai periode tanpa kekerasan dan genjatan senjata.

Di markas besar PBB, Hari Perdamaian Dunia diperingati dengan membunyikan lonceng perdamaian sekaligus sebagai simbol perdamaian dunia. Lonceng ini bertuliskan “Long live absolute world peace” yang artinya, “panjang umur perdamaian dunia sepenuhnya.

 

Tema Hari Perdamaian Dunia 2023

Tema Hari Perdamaian Dunia untuk tahun ini, tepatnya tanggal 21 September 2023 adalah Actions for Peace: Our Ambition for the #GlobalGoals. Tema ini menyerukan kepada kita untuk mengakui bahwa membangun perdamaian adalah tanggung jawab atas individu kita masing-masing.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres berkata, “Perdamaian dibutuhkan hari ini lebih dari sebelumnya. Perang dan konflik menimbulkan kehancuran, kemiskinan, dan kelaparan, serta mengusir puluhan juta orang dari rumah mereka. Kekacauan iklim ada di mana-mana. Dan bahkan negara-negara yang damai dicengkeram oleh ketidaksetaraan yang menganga dan polarisasi politik.”

            Setiap negara tentu saja memiliki tradisi perayaan Hari Perdamaian Dunia yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar mereka akan mengadakan lomba-lomba atau perayaan yang mengandung pesan-pesan kebaikan, damai dan harapan untuk perdamaian dunia.


* * *

 

Salah satu cara untuk merayakan Hari Perdamaian Internasional adalah dengan mengambil bagian dalam aksi perdamaian. 

    Kita dapat memulai percakapan atau membagikan pemikiran tentang mengapa perdamaian itu penting. Atau masih banyak lagi cara yang dapat kalian lakukan untuk memperingati Hari Perdamaian Dunia. Selamat Hari Perdamaian Dunia!


Referensi:


Posting Komentar

0 Komentar