Like Us Facebook

Momentum Istimewa, Khususnya bagi Para Atlet: Hari Olahraga Nasional



Diharapkan dengan mengingat sejarah Hari Olahraga Nasional tersebut dapat meningkatkan semangat para pemuda Indonesia dalam berkompetisi dan mengharumkan nama bangsa.




Oleh: Naila Masruroh

Saat ini, hampir semua kegiatan yang banyak digemari oleh masyarakat memiliki tanggal istimewa untuk memperingatinya, tak terkecuali dengan kegiatan olahraga. 


* * *


Olahraga sendiri adalah aktivitas yang melibatkan fisik dan pikiran untuk melatih kebugaran tubuh. 

    Selain itu, Olahraga juga salah satu aktivitas yang sangat penting dengan banyaknya manfaat yang diberikan seperti menjaga tubuh agar tetap sehat dan membuat kita menjadi awet muda.

 Olahraga memiliki banyak jenis, mulai dari yang dilakukan oleh individual hingga berkelompok. Olahraga yang dilakukan individual contohnya adalah jogging, senam, berenang dan masih banyak lagi. 

Untuk olahraga beregu seperti sepak bola, futsal dan voli. Dan ada juga nih, olahraga yang tidak terlalu melibatkan fisik seperti catur, yang mana dalam pelaksanaannya menggunakan kecerdikan akal untuk menyusun taktik.

 

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional

Mungkin sampai di sini masih ada yang belum tahu, tepatnya kapan Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati. 

    Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September, yang mana penetapan tanggalnya diambil berdasarkan keputusan Presiden (Keppres) no.67 tahun 1985.

Keppres tersebut muncul karena adanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang dilaksanakan pada 9 September tadi, tepatnya pada tanggal 9-12 September 1948 di Stadion Sriwedari, Solo dan adanya peningkatan prestasi di bidang olahraga semenjak terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama tersebut.

 

Alasan dan Tujuan Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional

Sedangkan alasan dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) sendiri karena atlet-atlet Indonesia tidak dapat mengikuti kompetisi olahraga dunia yang diselenggarakan di London, Inggris karena kemerdekaan Indonesia belum diakui oleh dunia dan paspor Indonesia pun juga belum diakui oleh Inggris pada saat itu.

Nah, dengan terhalangnya Indonesia untuk mengikuti kompetisi tersebut, maka Indonesia mengadakan kompetisi olahraga yang diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) untuk membuktikan bahwa Indonesia mampu dan layak untuk bersaing dengan negara-negara lainnya. 

Selain itu, diadakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) juga bertujuan untuk meningkatkan semangat dan rasa sportivitas masyarakat.

Nah, di tahun 2023 ini Indonesia akan merayakan Hari Olahraga Nasional ke-40, tanpa terasa ternyata hampir setengah abad ya, readers. 

Diharapkan dengan mengingat sejarah Hari Olahraga Nasional tersebut dapat meningkatkan semangat para pemuda Indonesia dalam berkompetisi dan mengharumkan nama bangsa.

Karena kalian sudah membaca artikel ini, maka tahun depan seharusnya sudah nggak ada dong, pertanyaan seperti “9 September memperingati hari apa? “. 

Ok, itu saja sedikit informasi seputar Hari Olahraga Nasional. Kami dari tim Bilqolam mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional!


Referensi:


Posting Komentar

0 Komentar