Like Us Facebook

Kajian Hadits: Pentingnya Menjaga Lingkungan dalam Islam


Selain mendapatkan pahala, kita juga akan mendapatkan dampak yang baik seperti kenyamanan tinggal di tempat yang bersih, terhindar dari penyakit dan membuat lingkungan sedap dipandang.



Oleh: Naila Masruroh

Sebagai seorang Muslim, tentu kita tahu dong, bahwa dalam Islam ada sebuah hadits yang berbunyi النظافة من الإيمان yang artinya kebersihan sebagian dari iman.


* * *


Ini merupakan salah satu hadits yang menjelaskan tentang keutamaan menjaga kebersihan. 

    Walaupun periwayatan hadits ini sangat lemah, namun tetap bisa diamalkan karena yang dibahas dalam hadits tersebut bukan mengenai syariat, ketuhanan dan hal lain yang mengharuskan berkualitas shohih atau hasan.

            Hadits النظافة من الإيمان biasa terpajang di berbagai tempat-tempat umum untuk memotivasi masyarakat Islam supaya lebih bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Namun, sangat disayangkan, melihat masyarakat zaman sekarang yang minim kesadaran dalam pemeliharaan lingkungan. 

Mereka terbiasa membuang sampah sembarangan, membuang limbah di sungai, tidak membersihkan ruang kelas setelah memakainya, mencoret-coret tembok dan masih banyak lagi ulah yang merugikan lingkungan. Padahal kebersihan dalam Islam sangatlah dianjurkan.

 

            Pada suatu hari, Nabi pernah bersabda mengenai kebersihan, yang berbunyi:

 

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

 

Artinya: "Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah Ta'ala membangun Islam ini di atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih." (HR. ath-Thabrani)

 

            Dengan adanya hadits tersebut, maka sangat jelas, bahwa menjaga kebersihan lingkungan dalam Islam hukumnya adalah sunnah. Oleh karena itu, sebagai orang Muslim semestinya kita harus semangat dalam mengamalkan sunnah-sunnah Rasul.

Selain mendapatkan pahala, kita juga akan mendapatkan dampak yang baik seperti kenyamanan tinggal di tempat yang bersih, terhindar dari penyakit dan membuat lingkungan sedap dipandang.

            Untuk mengembalikan kepedulian orang-orang akan kesadaran dalam menjaga lingkungan, kita bisa mengampanyekan kegiatan bersih-bersih seperti kerja bakti, memilah sampah organik dan non-organik dan yang paling mudah adalah challenge untuk membuang sampah pada tempatnya. Selamat mencoba!! 


Referensi:

Posting Komentar

0 Komentar