Like Us Facebook

Biografi Abdul Aziz Bin Saud, Sang Raja Pertama Arab Saudi

 


Ibnu Saud beserta keluarganya mulai membangun kerajaan yang dinamakan Saudi Arabia. Yang dalam bahasa resminya adalah al-Mamlakah al- ‘Arabiyah as-Sa’diyah.



Oleh: Chairunnisa

Abdul Aziz Bin Saud lahir pada 15 Januari 1876 di Riyadh, dengan nama lengkap Abdul Aziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Muhammad Al-Saud. 


* * *


Orang tuanya bernama Abdul Ragman bin Faisal dan Sarah Al-Sudairi. Sang ayah merupakan penguasa terakhir dari Negara Saudi Kedua.

    Sebagai informasi, keluarga Dinasti Saud telah menjadi penguasa lama dia Arab tengah selama lebih dari satu abad. Ayahnya memastikan putranya mendapat pelatihan sejak usia dini.

    Setelah dilatih sang ayah, kemudian dia ditempatkan di bawah asuhan Sheikh Gadi Abdullah Al-Kharji. Bersamaan dengan itu, dia belajar Al-Qu'ran dari Sheikh Mohammad bin Museibih. 

    Rival lama Dinasti Saud, Al Rashidi, berhasil menaklukan Riyadh pada 1890. Peristiwa tersebut memaksa keluarga Abdulaziz Al-Saudi melarikan diri.

 

Sejarah Raja Arab Saudi Pertama

Pada 15 Januari 1902, Ibnu Saud bersama pasukan keluarganya beserta saudaranya berhasil merebut Riyadh dengan cara membunuh gubernur Rashidi. Masih berlanjut pada 1912, Ibnu Saud juga berhasil menguasai Najed dengan bantuan Wahabi.

    Pada 1915 Ibnu Saud juga menaklukan salah satu provinsi di turki, yaitu Al Hasa. Pada akhirnya, dinasti Rashidi berhasil dikalahkan sekaligus mengakhiri kekuasaannya di tanah Arab pada 1922. 

    Perluasan wilayah Ibnu Saud pun berlanjut dengan merebut kota suci Mekah dari Syarif Husain bin Ali pada 1924 serta menguasai Madinah dan Jeddah pada 1925.

    Tepat setahun setelah perebutan kota suci Mekkah, yakni pada 8 Januari 1926, Abdul Aziz bin Saud pun memperoklamasikan negara yang telah diperjuangkannya serta dinobatkan sebagai raja pertama Saudi Arabia. 

    Selanjutnya, Ibnu Saud beserta keluarganya mulai membangun kerajaan yang dinamakan Saudi Arabia. Yang dalam bahasa resminya adalah al-Mamlakah al- ‘Arabiyah as-Sa’diyah.

    Abdul Aziz pun meletakkan dasar pembangunan negara selanjutnya dan kekayaan rumah tangga kerajaan dengan memberikan izin pertama untuk eksplorasi minyak pada tahun 1933. Ia juga mendirikan perusahaan Minyak Arab-Amerika (ARAMCO) pada tahun 1944

    Selain itu, ia juga membangun sejumlah fasilitas dan melepaskan penduduk-penduduk dari ikatan suku.

Hingga saat ini, perjuangan dari Abdul Aziz bin Saud beserta keluarganya bisa dinikmati oleh penduduk Arab Saudi dan saat ini kepemimpinannya diteruskan oleh Raja Salman, Raja Arab Saudi ke-7.

 

Referensi:


Posting Komentar

0 Komentar