Like Us Facebook

Alasan Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal disertai Doa-doa bagi Orang yang Sudah Meninggal


Imam an-Nawawi dalam kitab al-Adzkar mengatakan bahwa para ulama sudah bersepakat tentang doa yang dibacakan kepada orang-orang yang sudah meninggal pahala dan manfaatnya bisa sampai kepada mereka.



Oleh: Fera Nurul Fikma

Siapa yang senang ditinggal pergi orang-orang yang dekat dengan kita; keluarga, kerabat ataupun teman-teman kita.


* * *


Namun, semuanya adalah kehendak Sang Kuasa. Apa hak kita mencampuri urusan-Nya? Kita hanya bisa pasrah dan menerima dengan lapang dada segala kuasa-Nya.

    Ternyata tidak hanya pasrah, kita juga bisa mengenang dan menghormati orang yang sudah meninggal dengan mendoakannya. 

    Artikel kali ini akan mengajak kalian untuk mengetahui alasan mendoakan orang yang sudah meninggal dan doa-doa untuk orang-orang yang sudah meninggal.

            Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk peduli kepada sesama makhluk. Baik itu manusia, tumbuh-tumbuhan atau binatang, bahkan sampai mereka meninggal sekalipun.

Salah satu bentuk kepedulian kita terhadap orang yang sudah meninggal adalah dengan mendoakannya. Bahkan mendoakan orang yang sudah meninggal sangat dianjurkan dalam Islam.

Selain sebagai bentuk kepedulian, alasan mendoakan orang yang sudah meninggal adalah karena dalam suatu riwayat mengatakan bahwa orang orang yang meninggal diibaratkan sebagai orang yang tenggelam, dimana ia meminta pertolongan berupa doa.

Doa-doa tersebut sangat mereka nantikan sebagai penolong. Doa itu bisa datang dari keturunannya, saudaranya, ataupun teman-temannya.

Rasulullah saw. pernah bersabda, “Siapa menolong mayit dengan membacakan ayat-ayat Al-Quran dan zikir, Allah akan memastikan surga baginya.” (HR. Ad-Darimy dan Nasa’i dari Ibnu Abbas)

    Jadi, sebenarnya tidak hanya bagi orang-orang yang meninggal saja, namun mendoakan orang yang sudah meninggal juga bermanfaat bagi orang-orang yang mendoakannya pula.

            Namun, sering kali kita mendengar pertanyaan, apakah doa kita akan sampai kepada orang-orang yang sudah meninggal?

Imam an-Nawawi dalam kitab al-Adzkar mengatakan bahwa para ulama sudah bersepakat tentang doa yang dibacakan kepada orang-orang yang sudah meninggal pahala dan manfaatnya bisa sampai kepada mereka.

Bahkan Rasulullah saw. sendiri pun pernah membacakan doa untuk seorang Muslim yang telah meninggal dunia.


         Setelah kita tahu alasan mendoakan orang yang sudah meninggal dan ternyata mendoakan orang yang sudah meninggal pun akan sampai kepadanya. 

    Selanjutnya kita harus tahu juga beberapa doa untuk orang-orang yang sudah meninggal.

 

1.      1. Doa ketika mendengar ada orang yang meninggal


إِنَّا للهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، اَللهُمَّ أَجِرْنِيْ فِي مُصِيْبَتِيْ وَاخْلُفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا

 

2.      Doa setelah mata orang yang meninggal terpejam


اَللهمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ وَاخَلُفْهُ فِي عَقِبِهِ الْغَابِرِيْنَ وَاغْفِرْلَنَا وَلَهُ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ وَامْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ وَنَوِّرْلَهُ فِيْهِ

 

3.      3. Doa kepada orang yang sudah meninggal laki-laki


اَللهمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّار

 

4.      4. Doa kepada orang yang sudah meninggal Perempuan


للَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ
 

5.      5. Doa untuk kelapangan kubur


اللَّهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ، وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ لـَـهُ، اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

Setelah mengetahui alasan mendoakan orang yang sudah meninggal dan doa-doa tersebut, jangan lupa diamalkan ya, teman-teman!


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Redaksi hadis, sama yang ada di kitab al adzkarnya mana min?

    BalasHapus