Like Us Facebook

Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan, melindungi segenap bangsa dan tanah air Indonesia, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia, menjadi tujuan kemerdekaan itu.



Oleh: Fikri Alifudin

Kemerdekaan Indonesia bukanlah tujuan akhir sebagai sebuah negara, tetapi menjadi sarana untuk mencapai tujuan dan cita-cita. 


* * *


Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Cita-cita dan tujuan proklamasi kemerdekaan dituangkan dalam pembukaan UUD 1945, yang berbunyi:


“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,”


Berbicara tentang kemerdekaan, tentu mengarah pada suatu tatanan kehidupan yang bebas dan merdeka. Merdeka dari kebodohan, kemiskinan, dan ketertindasan.

Mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan, melindungi segenap bangsa dan tanah air Indonesia, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia, menjadi tujuan kemerdekaan itu.

Selain tujuan dari kemerdekaan yang telah disebutkan, ada pula tujuan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang meliputi:

  1. Untuk memerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa lain.
  2. Agar dapat memiliki kehidupan yang sederajat dengan bangsa lain yang bersangkutan.
  3. Agar dapat meningkatkan taraf hidup yang sederajat dengan bangsa lain yang bersangkutan.
  4. Agar dapat meningkatkan taraf kecerdasan yang sederajat dengan bangsa lain yang bersangkutan.
  5. Mengembangkan seluruh potesi dalam negari untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain.
  6. Untuk menggapai tujuan nasional bagi bangsa Indonesia.

Tujuan-tujuan tersebut menjadi landasan bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam membangun negara yang adil, berdaulat, dan demokratis.


* * *


Dapat kita simpulkan bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan tonggak sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. 

Proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang mendalam sebagai simbol perjuangan, keberanian, dan tekad untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan.

Tujuannya adalah untuk mengakhiri penjajahan, membangun negara yang merdeka dan berkepribadian, serta menyatukan bangsa Indonesia dalam semangat persatuan.

Hal ini pun secara otomatis telah mengajarkan kita tentang betapa pentingnya kebersamaan, tekad yang kuat, dan kesatuan dalam meraih cita-cita.

Kita sebagai warga pribumi harus bisa melakukan berbagai cara dalam mencerdaskan dan menyejahterakan kehidupan bangsa. Hal tersebut dikarenakan masyarakat yang cerdas dan sejahtera akan membawa dampak baik dalam berbagai bidang kehidupan.


Referensi:

Posting Komentar

0 Komentar