Like Us Facebook

Peringatan Hari Remaja Internasional: Sejarah dan Tujuannya


Tujuan dari peringatan Hari Remaja Internasional adalah untuk menjelaskan kebutuhan memungkinkannya keterlibatan remaja dalam membuat institusi lokal, nasional, dan global



Oleh: M. Ryan Romadhon

Tahukah kalian semua, tanggal 12 Agustus memperingati hari apa? Ya, benar. Tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Remaja Internasional

    Yuk baca artikel ini sampai selesai, agar kalian semua jadi tahu mengenai sejarah dan tujuan dari adanya peringatan tersebut.


* * *

 

Sejarah Hari Remaja Internasional

Dilansir dari IDN Times, Hari Remaja Internasional merupakan hasil rekomendasi World Conference of Ministers Responsible for Youth yang diadakan di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998. 

    Majelis Umum PBB mengesahkan 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional dalam resolusi 54/120 Tahun 1999.

Selanjutnya, Majelis Umum PBB mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda yang diadopsi oleh resolusi 50/181. Program ini berisi tentang kegiatan informasi publik untuk dilaksanakan demi mendukung Hari Remaja Internasional.

Awal mula adanya peringatan Hari Remaja ini adalah karena munculnya gagasan mengenai pentingnya remaja. 

Kemudian, pada sidang umum PBB, ditetapkan bahwa perlu adanya kegiatan pemberian informasi kepada masyarakat sehubungan dengan peringatan Hari Remaja tersebut. 

Selain itu, hal tersebut juga dapat bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran remaja di dunia.

Adapun peringatan Hari Remaja Internasional 2023 jatuh pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus ini. Kami dari tim redaksi mengucapkan selamat Hari Remaja Internasional.


Baca Juga:  Hari World Wide Web Sedunia: Sejarah Perkembangannya dari Masa ke Masa


Tujuan Peringatan Hari Remaja Internasional

Peringatan Hari Remaja Internasional itu sendiri merupakan apresiasi terhadap peran remaja dalam kehidupan bermasyarakat. 

    Sebab, remaja merupakan pelita bangsa yang dapat mendukung upaya global dalam menangani berbagai masalah yang ada.

Selain itu, Hari Remaja Internasional juga menjadi momen penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi dan merenungkan permasalahan yang dihadapi oleh para remaja. 

Adapun tujuan dari peringatan Hari Remaja Internasional adalah untuk menjelaskan kebutuhan memungkinkannya keterlibatan remaja dalam membuat institusi lokal, nasional, dan global. 

Tujuannya adalah agar remaja dapat lebih aktif untuk berperan dalam aksi global.


* * *


    Demikianlah kiranya paparan mengenai sejarah dan tujuan diperingatinya Hari Remaja Internasional. Semoga bermanfaat. 


Referensi:

Posting Komentar

0 Komentar