Like Us Facebook

LGBT dan Kaum Nabi Luth


Pelanggaran yang dilakukan oleh kaum Luth ialah pengekspresian perilaku seksual terlarang, yakni mengandung kekerasan dan penganiayaan, dalam bentuk sodomi dan tidak bisa dikaitkan dengan homoseksual.



Oleh: Wafi Aufal Maromi

Pembahasan mengenai LGBT memang tak akan ada habisnya. 

    Perilaku yang memiliki banyak sekali pro-kontra ini selalu menjadi perbincangan di mana-mana, apalagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah orang Islam. 

    Kali ini penulis akan mengulas sedikit tentang LGBT dalam pandangan Islam.


* * *

 

Apa Arti LGBT?

Istilah dalam LGBT adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada beragam orientasi seksual dan identitas gender di dalam masyarakat.

Lebih jelasnya, lesbi adalah perempuan yang memilkiki kecenderungan secara romantis, emosional, atau seksual tertarik kepada perempuan lain. 

Sedangkan untuk pengertian gay, gay artinya adalah adalah laki-laki yang secara romantis, emosional, atau seksual tertarik kepada laki-laki lain. 

Adapun arti bisexual merujuk kepada individu yang memiliki ketertarikan romantis, emosional, atau seksual terhadap baik laki-laki maupun perempuan. 

Sedangkan pengertian transgender merujuk kepada individu yang mengidentifikasi dirinya berbeda dengan jenis kelamin yang secara biologis diberikan pada saat kelahiran.

Jadi, dalam LGBT ada yang masuk kedalam kategori orientasi seksual (sexual orientation) yaitu lesbi, gay dan biseksual, ada juga yang masuk kedalam kategori identitas gender (gender identify) yaitu  transgender.


Baca Juga: Orang yang Tak Tahu Bahwa Dirinya Tidak Tahu

 

Istilah Orientasi Seksual, Identitas Gender dan Perilaku Seksual

Orientasi seksual (sexual orientation) ialah kemampuan manusia yang berkaitan dengan emosi, rasa sayang, dan hubungan seksual. Orientasi ini bersifat kodrati dan tak dapat dirubah. 

    Husain Muhammad menambahkan bahwa tiap orang tidak bisa memilih untuk dilahirkan dengan orientasi seksual tertentu. 

    Adapun jenis orientasi terbagi menjadi 4 yakni heteroseksual (berbeda lawan jenis), homoseksual (sesama jenis), biseksual (kedua jenis), dan aseksual (tidak keduanya).

identitas gender (gender identify) adalah pengertian dan kesadaran seseorang mengenai gendernya sendiri. 

Identitas gender seseorang dapat selaras dengan seksnya yang ditunjuk saat lahir atau justru sepenuhnya berbeda. Misalnya seseorang yang terlahir laki-laki bisa mengidentifikasi sebagai perempuan atau sebaliknya.

Sedangkan perilaku seksual (sexual behavior) ialah cara/perbuatan seseorang untuk melampiaskan hasrat seksualnya. Perilaku ini sangat erat dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya dan kebiasaan masyrakat. 

Oleh karenanya, perilaku ini bukanlah kodrati dan bisa dipelajari. Berbagai cara yang dilakukan semisal bersetubuh (jimak), masturbasi, anal/oral seks hingga sodomi.

 

Kaum Luth

Setelah mengetahui istilah-istilah tersebut, ternyata yang dilakukan oleh kaum Nabi Luth dalam kisah kaum Nabi Luth, yang tertera dalam surat Luth tentang LGBT, tidaklah seratus persen LGBT. 

    Karena dalam historinya hanya disebutkan tentang perilaku seksualnya saja tidak sampai orientasi seksual ataupun identitas gender, meskipun ketiganya hampir sama namun tetap berbeda.

 

Allah berfirman dalam QS. Asy-Syura 165-166,

 

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ

 

Artinya: “Dan (Kami juga telah mengutus) Luth, ketika dia berkata kepada kaumnya, “Mengapa kamu melakukan perbuatan keji, yang belum pernah dilakukan oleh seorang pun sebelum kamu (di dunia ini)”

 

 إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً مِنْ دُونِ النِّسَاءِ بَلْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُسْرِفُونَ

 

Artinya: “Sungguh, kamu telah melampiaskan syahwatmu kepada sesama lelaki bukan kepada perempuan. Kamu benar-benar kaum yang melampaui batas”

 

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa perilaku seksual yang dilakukan oleh kaum Nabi Luth merupakan hal yang keji dan merupakan sebuah penyimpangan.

 

Musdah Mulia mengatakan, dalam bukunya yang berjudul Mengupas Seksualitas, bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh kaum Luth ialah pengekspresian perilaku seksual terlarang, yakni mengandung kekerasan dan penganiayaan, dalam bentuk sodomi dan tidak bisa dikaitkan dengan homoseksual.


* * *

 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa LGBT bukanlah sesuatu yang bisa serta merta dihukumi haram, karena orientasi seksual merupakan sebuah kodrat bukan dibentuk. 

Sedangkan LGBT jika berujung pada perilaku seksualitasnya atau LGBT yang diekspresikan hukumnya jelas haram.

    Namun, meskipun begitu, menurut penulis, orientasi seksual kebanyakan akan tetap diekspresikan lewat perilaku seksual seperti yang dilakukan oleh kaum Nabi Luth. Jadi, menurut penulis, kita tetap harus berhati-hati terhadap LGBT. 


Referensi:


Posting Komentar

0 Komentar