Like Us Facebook

Hari World Wide Web Sedunia: Sejarah Perkembangannya dari Masa ke Masa



Penemuan World Wide Web adalah penemuan yang sangat bermanfaat sampai sekarang dan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap dunia modern



Oleh: M. Salman Arif Az

Dewasa ini, tentu kita sudah seringkali mendengar apa yang disebut sebagai WWW. Sebenarnya apa sih WWW itu? Bagaimana sih sejarahnya? Apa saja dampak dari terbentuknya WWW? 

    Nah, simak artikel di bawah ini sampai selesai, untuk mengetahui informasi cikal bakal terbentuknya WWW ini.


* * *

 

Apa itu WWW?

WWW adalah singkatan dari World Wide Web, yang merupakan sebuah sistem informasi yang terdiri dari sejumlah besar halaman web yang terhubung satu sama lain melalui hyperlink. 

    Halaman web ini dapat berisi teks, gambar, video, dan elemen media lainnya yang hanya bisa diakses secara online menggunakan koneksi internet.

World Wide Web atau WWW inilah yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai internet, padahal WWW merupakan bagian dari internet itu sendiri. 

Sebab World Wide Web adalah salah satu layanan yang berjalan di atas internet dan memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dari berbagai sumber secara global.


Baca Juga: Handphone Hanyalah Alat, Jangan Mau Diperalat!

 

Sejarah WWW

Hari World Wide Web Internasional dirayakan pada tanggal 1 Agustus setiap tahunnya, sebagai penghormatan terhadap penemuan dan pengenalan World Wide Web yang dikembangkan oleh Tim Berners Lee.

Adapun alasan dari ditetapkannya tanggal tersebut sebagai peringatan World Wide Web Internasional karena pada 1 Agustus 1990, Berners-Lee mempublikasikan proposal pertamanya untuk sistem informasi yang revolusioner tersebut. 

Proposal tersebut menandai awal dari apa yang kemudian menjadi World Wide Web, yang mengubah cara kita mengakses dan berbagi informasi di seluruh dunia.

Penemuan World Wide Web adalah sebuah penemuan yang spektakuler, sebab penemuan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan berkomunikasi melalui Internet.

 

Perkembangan WWW dari Masa ke Masa

Berikut adalah runtutan singkat dari sejarah World Wide Web dan perkembangannya dari masa ke masa:

 

  • Tahun 1989

Tim Berners Lee dari CERN mengusulkan kepada dewan manajemen CERN melalui proposalnya yang berjudul "Information Management: A Proposal". 

    Sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi yang memungkinkan adanya sistem untuk saling berbagi informasi bahkan tampilan dalam bentuk grafik dan tersebar di seluruh dunia.

 

  • Tahun 1990

Tim tersebut menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis web hingga saat ini, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

 

  • Tahun 1991

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa tokoh yang pertama kali menemukan website adalah Tim Berners Lee. 

    Awalnya, dia memiliki kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya, lalu ia mengembangkan Equire dan dari sinilah cikal bakal lahirnya WWW.

 

  • Tahun 1993

Marc Andersen beserta tim dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications) akhirnya berhasil membuat web browser berbasis grafik untuk sistem X-Windows dengan nama Mosaic. 

    Selanjutnya Mosaic mulai populer bagi pemakai lama maupun baru di internet. NCSA lalu mengembangkan versi lain dari Mosaic untuk komputer berbasis Windows, Macintosh, UNIX, dan juga NeXT.

 

  • Tahun 1994

Andersen memisahkan diri dari NCSA. Lalu, dia bersama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser. 

    Pada tahun tersebut, CERN dan MIT (Massachusetts Institute of Technology) mendirikan konsorsium yang bernama W3C (World Wide Web Consortium) dengan tujuan membangun standar teknologi web.

 

  • Tahun 1995

Di akhir tahun ini, telah ada sekitar 300.000 website, jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 50 website. 

    Pada tahun inilah WWW telah berhasil menggantikan FTP sebagai jaringan yang paling tinggi traffic-nya dalam internet.

 

  • Tahun 2009

Tim Berners Lee membangun World Wide Web Foundation yang bertujuan untuk membagikan open web kepada masyarakat di seluruh dunia.

 

 

Dampak Positif Ditemukannya WWW

Penemuan World Wide Web adalah sebuah penemuan yang sangat bermanfaat sampai sekarang. 

    World Wide Web memiliki dampak positif yang signifikan terhadap dunia modern. Beberapa dampak penting dari WWW diantaranya meliputi:

 

  • Akses Informasi Global

WWW telah mengubah cara kita mengakses informasi. Kini, kita dapat mencari dan mengakses informasi dari berbagai sumber di seluruh dunia dengan mudah dan cepat. Ini telah membuka peluang baru untuk pendidikan, riset, dan pengembangan pribadi.

 

  • Komunikasi dan Kolaborasi

WWW memungkinkan komunikasi dan kolaborasi yang mudah antara individu dan kelompok. 

    Melalui email, pesan instan, forum online, dan platform media sosial, orang dapat berkomunikasi, berbagi ide, dan bekerja sama tanpa batasan tempat dan waktu, semua bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selama masih memiliki koneksi internet semua itu bisa dilakukan.

 

  • Perubahan Bisnis

WWW telah mengubah lanskap bisnis secara dramatis. Perusahaan dapat memanfaatkan keberadaan online untuk memasarkan produk, menjual barang dan jasa, serta berinteraksi langsung dengan pelanggan. E-commerce dan periklanan online telah menjadi sektor yang berkembang pesat.

 

  • Penyebaran Budaya dan Hiburan

Melalui WWW, budaya dan hiburan dari berbagai negara dapat dengan mudah diakses dan dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. 

    Musik, film, buku, dan karya seni lainnya dapat dengan cepat didistribusikan dan dinikmati oleh audiens global.

 

  • Penyimpangan dan Keamanan

WWW juga memiliki dampak negatif, termasuk penyebaran konten yang tidak pantas, penipuan online, dan serangan keamanan seperti hacking. 

    Perlindungan privasi dan keamanan informasi menjadi isu yang perlu diperhatikan dalam penggunaan WWW.


* * *

 

Dengan demikian, dapat kita ketahui bahwa web a web ditemukan oleh Tim Berners Lee. Harapan penulis, tulisan di atas dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya World  Wide Web dalam kehidupan sehari-hari, serta merayakan pencapaiannya dalam membangun masyarakat yang hidup dalam dunia berbasis internet ini.

 

 

Referensi:


Posting Komentar

0 Komentar