Like Us Facebook

Gambaran Kiamat dalam Al-Qur’an


Meskipun kabar kedatangan dan gambaran kiamat termaktub dalam al-Qur’an, namun, tidak ada satu ayat pun yang menjelaskan kapan waktu kiamat secara pasti.



Oleh: M. Ryan Romadhon

Kita pasti pernah mendengar tentang apa itu hari kiamat. 

    Namun, kebanyakan dari kita tidak mengetahui secara detail apa yang dimaksud dengan hari kiamat dan bagaimanakah sih sebenarnya pengertian hari kiamat menurut Islam serta dalil tentang gambaran hari kiamat.


* * *


Rukun Iman -seperti yang telah kita ketahui bersama- berjumlah enam, dimana salah satunya adalah iman kepada Hari Kiamat

Berita tentang kebenaran hari akhir termuat dalam al-Qur’an. Selain itu, berita tentang kebenarannya juga dapat ditemukan melalui kajian ilmu pengetahuan, dan panca indera. 

Melalui kajian akan kebenaran adanya hari akhir ini, kita dapat menghayati akan nilai-nilai keimanan kepada hari kiamat tersebut.

 

Pengertian dan Nama Lain Hari Kiamat

Adapun pengertian Hari Akhir adalah hari mulai hancurnya alam semesta berikut isinya dan berakhirnya kehidupan semua makhluk Allah Swt. Hari Akhir juga disebut hari kiamat, yaitu hari penegakan hukum Allah Swt. yang seadil-adilnya. 

Selain dinamai demikian, hari akhir juga mempunyai nama lain seperti yaumul zalzalah. Lalu, mengapa hari akhir juga disebut dengan yaumul zalzalah? Karena yaumul zalzalah artinya adalah hari goncangan atau keributan.


Baca Juga: Meluruskan Makna Jihad: Memahami Konsep Jihad dalam Islam

 

Dalil dan Gambaran Kiamat dalam Al-Qur’an

Mengenai dalil tentang hari kiamat serta gambaran kiamat, kita dapat menelusurinya dalam ayat-ayat al-Qur’an maupun hadits-hadits Nabi Muhammad saw. 

    Selain itu, ciri ciri datangnya hari kiamat menurut alquran dan sunnah adalah sesuatu yang dapat mudah kita temukan.

Adapun mengenai gambaran hari kiamat menurut al-Qur’an, ayat al Quran yang menceritakan tentang hari kiamat, fase fase hari kiamat dan keadaan pada hari kiamat terdapat dalam alquran yaitu surat-surat berikut. 

Mulai dari Surat al-Haqqah ayat 15-18, Surat Qaf ayat 44, Surat Yunus ayat 46, Surat Al-Kahfi ayat 47, Surat al-Waqi'ah ayat 4-6, Surat al-Baqarah ayat 254, Surat An-Nahl ayat 89, Surat at-Takwír ayat 1-3, Surat az-Zalzalah ayat 1-5, sampai Surat al-Qari’ah ayat 1-5.

 

Gambaran Hari Kiamat Menurut Surat At Takwir

Dalam Surat at Takwir ayat 1-5, Allah SWT menjelaskan tentang hari kiamat. Hari itu digambarkan dengan sangat mengerikan. Alam semesta hancur lebur. Matahari hilang sinarnya, gunung-gunung hilang akarnya. 

    Berikut adalah bunyi dari Surat at Takwir ayat 1-5,

 

اِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْۖ وَاِذَا النُّجُوْمُ انْكَدَرَتْۖ  وَاِذَا الْجِبَالُ سُيِّرَتْۖ  وَاِذَا الْعِشَارُ عُطِّلَتْۖ  وَاِذَا الْوُحُوْشُ حُشِرَتْۖ

 

Artinya: “Apabila matahari digulung, dan apabila bintang-bintang berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan, dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak terurus), dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan.”

 

Gambaran Hari Kiamat Menurut Surat Al-Qoriah

Mengenai bagaimana gambaran hari kiamat menurut surat al Qoriah, berikut kami tampilkan terlebih dahulu surat al-Qori’ah ayat 1-5,

 

الْقَارِعَةُ (۱)  مَا الْقَارِعَةُ (۲)  وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ (۳)  يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ (۴)  وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ (۵)

 

Artinya: “(1) Hari Kiamat, (2) apakah hari Kiamat itu? (3) Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? (4) Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, (5) dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

Dalam Tafsir al-Misbah, Kata qari’ah berasal dari kata qara’a yang berarti mengetuk. Ini diibaratkan sebagai suara yang menggelegar dari kehancuran alam semesta yang mengetuk hati dan pikiran manusia.

Tema utama surat tersebut adalah hari kiamat, karenanya menurut al-Biqa’i, surat ini dinamakan dengan al-Qari’ah (hari kiamat). Walaupun pembahasan surat ini dibagi menjadi dua, yaitu: menggambarkan hari kiamat, dan amal perbuatan manusia.

 

Lalu, Kapan Hari Kiamat Terjadi Menurut Al Quran?

Al-Quran memang telah menggambarkan di berbagai ayat dan suratnya tentang seperti apa hari kiamat. 

    Menariknya, meskipun kabar kedatangan dan gambaran kiamat termaktub dalam al-Qur’an, namun, tidak ada satu ayat pun yang menjelaskan kapan waktu kiamat secara pasti.

Alih-alih menyebutkan kapan waktu pastinya kiamat, al-Qur’an dengan sengaja membiarkan waktu terjadinya peristiwa besar itu sebagai misteri. Allah berfirman dalam Surat al-A’raf [7]: 187,

 

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ – ١٨٧

 

Artinya:Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” 

    Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

 

Tanda tanda Datangnya Hari Kiamat

Hari kiamat sendiri mempunyai beberapa tanda, baik itu tanda besar ataupun kecil. Berikut tanda tanda kecil hari kiamat kecuali munculnya Yakjuj Makjuj. Di mana munculnya Yakjuj Makjuj merupakan contoh dari tanda-tanda kiamat besar.

  1. Kerap terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor dan lain sebagainya
  2. Negara Arab menjadi padang rumput dan sungai
  3. Waktu yang berlalu terasa semakin singkat


    Demikianlah paparan mengenai gambaran hari kiamat menurut al Qur an. Tentunya masih banyak yang belum sempat penulis hidangkan dalam kesempatan kali ini. 


Wallahu a'lamu bishshowab


Referensi:

Posting Komentar

0 Komentar