Like Us Facebook

Apakah Sah Berwudhu Tanpa Menghapus Make Up?


Jangan sampai hanya karena ingin tetap cantik, kita malah menyepelekan dan melalaikan ibadah kita.



Oleh: Fera Nurul Fikma 

Siapa sih, wanita yang nggak pengen selalu tampil cantik? Apalagi dengan tuntutan zaman sekarang yang bahkan tidak sedikit pekerjaan mengharuskan pegawai wanitanya memakai make up.


* * *


Tapi, perlu diingat nih, buat kaum wanita yang selalu membutuhkan make up, harus perhatian juga ketika akan beribadah. Karena, make up bisa saja menjadi penentu keabsahan ibadah kita. 

Contoh kecil, ketika kita akan berwudhu, namun enggan menghapus make up. Jadi, apakah wudhu sah jika memakai make up? Artikel ini akan membahas apakah make up membatalkan wudhu.

Salah seorang ulama kontemporer menjelaskan tentang berwudhu tanpa menghapus make up, yaitu Dr. Muhammad bin Ali al-Ba’atiyah dalam kitabnya Syarah Ghoyatul Muna,

 

ومثله-أي: الجامد المانع من وصول الماء- ما تصنعه النساء على الوجه كالبودرة التي للوجه وأحمر الوجنتين وحامورة الشفتين


Artinya: "Termasuk dalam kategori bahan-bahan penghalang meresapnya air ke dalam pori-pori kulit adalah krim wajah, pemerah pipi, serta lipstik."

 

Macam-macam Make Up

Sebelum merujuk dalil tersebut, perlu kita ketahui terlebih dahulu, bahwasanya make up sendiri ada beberapa macam, seperti make up waterproof dan make up non waterproof. 

    Untuk make up waterproof ini adalah jenis make up yang tahan air. Artinya, ketika terkena air, make up tersebut akan tetap utuh jika tidak digosok. 

    Sedangkan make up non waterproof, mudah dihapus dan bahkan bisa luntur dengan sendirinya ketika terkena air bahkan keringat.

 

Hukum Wudhu Memakai Make Up Waterproof

Karena ada dua jenis make up yang kita bahas, lalu apa hukum wudhu memakai make up waterproof? 

    Ketika kita menggunakan make up waterproof untuk wudhu tidak boleh serta merta langsung berwudhu, tanpa menghapus make up tersebut. Karena tentu saja akan menghalangi air masuk ke dalam kulit. Dengan kata lain, wudhu kita tidak sah.

Menurut Ning Firda Lirboyo saat menyampaikan masalah ini dalam Channel Youtube NU Online, beliau berpendapat bahwa make up tersebut harus dihapus terlebih dahulu, baik menggunakan tisu basah, micellar water atau semacamnya sampai make up tersebut benar-benar hilang dari wajah. 

Jangan sampai ada sisa make up yang bisa menghalangi air wudhu meresap ke dalam kulit.

 

Hukum Wudhu Memakai Make Up Non Waterproof

Lain halnya dengan make up waterproof, make up non waterproof bisa luntur dengan sendirinya ketika terkena air ataupun keringat. Namun, meski demikian, ada juga make up non waterproof yang meresapnya lama, seperti foundation atau eye shadow yang pekat. 

    Oleh karena itu, untuk lebih berhati-hati, sebaiknya hal-hal tersebut juga dihilangkan terlebih dahulu.

Selain hal tersebut, ada juga hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan make up non waterproof untuk berwudhu, yaitu tentang bercampurnya air wudhu dengan make up tersebut. 

Karena hal seperti ini bisa merubah sifat air tersebut, yang pada akhirnya juga akan menghalangi keabsahan wudhu, karena hukum air tersebut menjadi suci namun tidak bisa mensucikan. Sepertinya sepele memang, namun sangat berpengaruh pada keabsahan wudhu kita.

Untuk mencari amannya, ketika kita masih memakai make up entah itu waterproof atau tidak, sebaiknya dihilangkan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. 

Kita bisa menggunakan kembali make up setelah wudhu. Jangan sampai hanya karena ingin tetap cantik, kita malah menyepelekan dan melalaikan ibadah kita.


Referensi:

  • Muhammad bin Aly al-Ba’atiyah, Ghoyah al-Muna Syarah Safinah an-Naja hal. 179

Posting Komentar

0 Komentar