Like Us Facebook

Puasa Dzulhijjah: Hukum, Niat dan Keutamaannya

Puasa sunnah Dzulhijjah membawa kita lebih dekat kepada Allah, melebur dosa, serta meningkatkan kecintaan dan keimanan kita.



Oleh: Purnama Adji

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. 

    Selain puasa wajib seperti puasa Ramadhan, terdapat pula puasa sunnah yang dapat dilakukan di bulan-bulan lain. 

    Salah satu puasa sunnah yang memiliki keutamaan istimewa adalah puasa sunnah Dzulhijjah.


* * *

 

Dalil dan Hukum Puasa Dzulhijjah

Rasulullah bersabda,

 

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ  

 

Artinya: “Tidak ada hari dimana amal sholih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab, ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.” 


Baca Juga: Artikel Islami: Memaknai Kembali Idul Kurban

 

    Berdasarkan hadits di atas, beramal apapun di sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah sangatlah dianjurkan, termasuk juga puasa. 

    Hadits tersebut memang tidak menunjukkan secara langsung tentang kesunahan puasa, tetapi banyak ulama yang menjadikannya sebagai dalil kesunahan puasa 9 hari pada bulan Dzulhijjah.

Walaupun disebutkan 10 hari, ini bukan berarti pada tanggal 10 Dzulhijjah juga dianjurkan puasa. Malahan puasa pada tanggal itu hukumnya haram, karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. 

Terkait dari maksud “ayyamul ‘asyr” ini, Imam an-Nawawi dalam kitab Tuhfah al-Ahwadzi[1] menjelaskan:

 والمراد بالعشر ها هنا الأيام التسعة من أول ذي الحجة


Artinya: “Yang dimaksud 10 hari di sini ialah 9 hari, terhitung dari tanggal 1 Dzulhijjah”


Baca Juga: Hikmah Kurban Idul Adha: Manifestasi Sebuah Ketaatan

 

Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah

Sebagaimana puasa pada umumnya, waktu niat puasa Dzulhijjah adalah pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. 

Berikut adalah lafal niatnya:  


  •     Niat puasa dari tanggal 1 sampai 7 Dzulhijjah


   نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

​​​​​​​Nawaitu shauma syahri dzilhijjati sunnatan lillâhi ta‘âlâ

 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah SWT.”

 


  •      Niat puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyyah)


نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ

 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah SWT.”

 


  • .     Niat puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah)


   نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى  

 Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ

 

 Artinya: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah SWT.”  

 

Hanya saja, karena puasa Dzulhijjah merupakan puasa sunnah, maka bagi orang yang lupa niat pada malam hari, boleh baginya untuk niat puasa pada siang harinya.

Yakni dari pagi hari sampai sebelum tergelincirnya matahari (waktu Dzuhur), selagi ia belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

 

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan (asyhur al-hurum), bulan Dzulhijjah memiliki beberapa keutamaan dibanding bulan-bulan lainnya. 

    Oleh karena itu, berpuasa pada sembilan hari pertama bulan tersebut juga memiliki keutamaan tersendiri. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Dilipatgandakan pahalanya

    Pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah mendapatkan pelipatan pahala dibanding ibadah di bulan lainnya. 

Rasulullah bersabda,


مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ


Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR. At-Tirmidzi).  


    Adapun maksud dari sebanding dengan satu tahun puasa pada hadits di atas adalah satu tahun puasa sunnah, bukan puasa Ramadhan.[2]


2.      2. Penghapusan dosa

Berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) dapat menghapus dosa selama dua tahun. Rasulullah bersabda,

 

 صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ


Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).  


صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين  


Artinya: “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun.” (HR Abu Syekh Al-Ishfahani dan Ibnu an-Najar).

 

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية


Artinya: "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas." (HR Muslim).


    Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus sebab melaksanakan puasa Arafah adalah dosa-dosa kecil.


3.      3. Terbebas dari siksa neraka

Termasuk keutamaan hari Arafah adalah Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka. 

Rasulullah bersabda,


   مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟  


Artinya: "Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).

 

* * *


Walhasil, dengan demikian, puasa sunnah pada bulan Dzulhijjah memiliki berbagai keutamaan dan manfaat. Puasa ini membawa kita lebih dekat kepada Allah, melebur dosa, serta meningkatkan kecintaan dan keimanan kita.

Dalam bulan yang dimuliakan ini, mari manfaatkan kesempatan ini dengan menjalankan puasa sunnah bulan Dzulhijjah untuk mencapai keberkahan dan mendekatkan diri kepada-Nya. 

Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan memberkahi perjalanan spiritual kita. Amin. 


Wallahu a’lam bishshowab.



[1]Tuhfah al-Ahwadzi ‘ala al-Jami' at-Turmudzi, juz 1, hal 950, Bait al-Afkar ad-Dauliyyah.

[2]Mirqoh al-Mafatih, juz 3, hal 520, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah. 

Posting Komentar

2 Komentar