Like Us Facebook

Peringatan Idul Adha 1444 H Ponpes Al-Iman




Oleh: Sri Wahyuni

Purworejo - Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada Hari Kamis, 29 Juni 2023, Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Kabupaten Purworejo untuk kesekian kalinya mengadakan Sholat Idul Adha berjamaah di halaman depan pondok pesantren.


* * *


Sholat Idul Adha yang digelar mulai pukul 07.00 WIB tersebut dipimpin langsung oleh Ponpes Al-Iman Bulus, al-Ustadz Hasan bin Agil Baabud sebagai imam sekaligus khotib.

    Dalam khutbahnya tersebut, al-Ustadz Hasan secara ringkas menceritakan mengenai kisah Nabi Ibrahim dan putranya, yaitu Nabi Ismail yang melatarbelakangi disyariatkannya ibadah kurban.

    Dengan diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Al-Iman dan warga Desa Bulus, suasana pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini berlangsung dengan khidmat dan penuh suka cita. 

    Jama’ah yang hadir sampai memenuhi seluruh halaman pondok, bahkan hingga depan halaman MTs Al-Iman 01.




Pekikan Takbir Menggema

Sebelumnya, pada malam hari raya Idul Adha, gema takbir berkumandang di seluruh area Ponpes Al-Iman Bulus hingga pagi. 

    Tak hanya di masjid saja, namun juga di setiap asrama terdengar pekikan takbir perayaan dengan genderang tabuh penuh kreativitas turut mewarnai malam yang penuh berkah tersebut. 

    Berhubung sebagian dari santri yang mengikutinya merupakan santri baru, rangkaian acara takbiran dan sholat Ied ini pun menjadi pengalaman yang cukup mengesankan bagi mereka.

 


 

Penyembelihan Hewan Kurban

Seusai pelaksanaan sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, dimana total keseluruhannya terhitung ada 5 sapi dan 10 kambing kurban. 

    Hewan kurban tersebut berasal dari para wali santri, dan beberapa orang yang memang berkeinginan menyembelih kurbannya di pondok.

    Daging kurban itu nantinya akan dibagikan kepada para santri, serta warga di sekitar pondok pesantren.

    Daging kurban dibagikan dalam bentuk hidangan dan secara langsung dimasak oleh beberapa santri. 

    Pembagian daging kurban dalam bentuk matang ini, selain untuk menunaikan kesunahan kurban juga untuk mempermudah para santri agar tak perlu memasak.



 

Makan Besar Bersama

Tiba pada puncak acara, yakni serangkaian acara 'makan besar' yang diikuti oleh seluruh santri, dengan menu daging kurban baik kambing maupun sapi. 

    Acara ini sendiri merupakan acara yang dihelat untuk yang keempat kalinya, dimana dimulai pada tahun 2020 lalu, dan berlanjut hingga sekarang pada setiap kali Hari Raya Idul Adha. 




    Puncaknya, pada acara yang dimulai dengan pembacaan maulid Simthudduror ini, al-Ustadz memberikan mau’idhoh hasanah-nya. 

    Beliau mengawali sesi ini dengan mengumandangkan takbir bersama para santri.

    Pada kesempatan mau’idhoh hasanah kali ini beliau memberikan beberapa dawuh, mulai dari cara mengumandangkan takbir Idul Fitri yang hanya satu kali, sedangkan Idul Adha berkali-kali, beberapa nama hewan yang masuk surga, sampai membahas mengenai NKRI, agar jangan sampai terpecah belah.

    Setelah al-Ustadz Hasan usai memberikan mau'idhotul hasanah sekaligus do'a, makan besar yang sebelumnya telah diolah oleh para santri senior pun disajikan. 

    Adapun tempat makan besar bagi santri putra berada di halaman Ponpes putra, sedangkan santri putri berada di depan asrama kamar mereka masing-masing.  

Posting Komentar

2 Komentar