Like Us Facebook

Wisuda Perdana, 48 Mahasantri Ma'had Aly Al-Iman Bulus Diluluskan

 




Oleh: Sri Wahyuni

Ma'had Aly Al-Iman Bulus Kabupaten Purworejo telah berhasil dan sukses menggelar Wisuda Perdana Marhalah Ula (M1) terhadap 48 Mahasantriwan dan Mahasantriwati pada Ahad (12/3), di kompleks Kampus Ma'had Aly Al-Iman Bulus. 


* * *


Wisuda perdana kali ini dihadiri langsung oleh pengasuh Ponpes Al-Iman Bulus, Ustadz Hasan bin Agil Ba'abud beserta Ahlu Bait. 

   Hadir pula jajaran Kepala Yayasan dan Pimpinan Madrasah di bawah naungan Yayasan Al-Iman, mulai dari tingkat Raudhotul Athfal (RA) hingga Madrasah Aliah (MA). 

    Selain itu, Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah, yaitu Dr. H. Nur Abadi, S. Ag, M. Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, beliau H. Fatchur Rochman, M. Pd. I, dan Kasi Pakis Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo, Ismu Hayadi, S. H juga turut hadir dalam acara ini.

     Acara Sidang Senat Terbuka tersebut dibuka oleh Habib Faqih Muqoddam Ba'abud. Lalu, pembacaan keputusan dari Mudir Ma'had Aly Al-Iman Bulus tentang nama-nama Mahasantri dan Mahasantriwati yang diwisuda dan mendapatkan gelar S. Ag. (Sarjana Agama) serta nama Wisudawan dan Wisudawati terbaik.

    Pada sambutan wakil Wisudawan, Mujahid Faisal Amri, mengatakan bahwa seluruh peserta wisuda merasa berterimakasih atas perjuangan dan keikhlasan para dosen dalam membimbing mereka.

    Adapun 48 wisudawan yang telah diwisuda terdiri dari 33 wisudawan putra, dan 15 wisudawan putri. Seluruhnya berasal dari prodi Tafsir Ilmu Tafsir. 

     Sedangkan predikat lulusan terbaik putri diberikan kepada Umniyya Zulfa dengan IPK 3, 69. dan lulusan terbaik putra diberikan kepada M. Ryan Romadhon dengan IPK 3, 64.




     Seluruh Wisudawan dan Wisudawati sebelumnya telah menyelesaikan program studi yang diselenggarakan oleh Ma'had Aly Al-Iman Bulus dan telah melaksanakan MKM (Mahasantri Khidmah Masyarakat), yang jika dalam Universitas umum dinamakan sebagai KKN. 

  Selain itu, mereka juga telah menyelesaikan skripsi, yang di sini disebut sebagai Risalah.

    Tanda kelulusan wisuda diberikan langsung oleh Ustadz Hasan bin Agil Ba'abud beserta Ahlu Bait. Seluruh peserta wisuda secara resmi mendapatkan gelar Sarjana Agama (S.Ag.) setara S1. 

  Dikatakan pula, bahwa dengan berbekal gelar ini, para wisudawan dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

   Pengasuh Ponpes Al-Iman Bulus, Ustadz Hasan mengatakan bahwa Prodi (Program Studi) Tafsir Ilmu Tafsir yang dimiliki Ma'had Aly Al-Iman ini merupakan Prodi pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah.

    "Jurusan Tafsir wa 'Ulumuhu. Setahu saya, jurusan ini satu-satunya hanya di Al-Iman. Ma'had Aly di luar sana banyak. Tapi yang punya jurusan ini di Jawa Tengah hanya Ma'had Aly Al-Iman Bulus," ungkapnya.

   Terdapat sedikit perbedaan antara wisuda di Ma'had Aly Al-Iman Bulus ini jika dibandingkan dengan wisuda pada umumnya. 

  Seluruh peserta wisuda tidak memakai toga, melainkan untuk Wisudawan putra memakai setelan sarung dan jas hijau almamater, sedangkan Wisudawan putri memakai gamis hitam. 

    Pada prosesinya pun, bukan dengan memindahkan tali toga, melainkan dengan melampirkan sorban dan samir.

   Perbedaan yang ada bukan tanpa alasan, melainkan hal yang disengaja. Seperti yang diungkapkan oleh Ustadz Hasan, "Wisuda itu umumnya pakai toga. Ya jangan sama. Kita sama, tapi tidak sama. Cukup sarungan, pakai jas." tegas beliau.

     Di samping prosesi wisuda, acara kali ini juga sekaligus menjadi acara launching Mars Ma'had Aly Al-Iman Bulus. 

    Karena memang sejak berdirinya pada tahun 2018 lalu, Ma'had Aly Al-Iman Bulus belum memiliki mars khusus. 

       Dan pada acara wisuda perdana ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk melaunchingnya.




Acara tersebut ditutup dengan Orasi Ilmiah oleh Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah, beliau Dr. H. Nur Abadi, M. Pd secara langsung. 

   Beliau berharap nantinya para Wisudawan dan Wisudawati dapat menjadi manusia yang sholih, sholihah, cerdas, kreatif, dan berdaya saing. 

       Beliau juga mengharapkan Ma'had Aly Al-Iman Bulus dapat semakin eksis, bermutu, dan berkualitas di kemudian hari.

Posting Komentar

0 Komentar