Like Us Facebook

Review Buku Bilqolam: Lebih Mengenal Buku Ensiklopedia I’rob




Oleh: Tim Redaksi

Dalam tatanan dinamika kemajuan zaman serta pesatnya globalisasi di Indonesia sudah tidak terbendung lagi, bukan hanya masuk dalam perkampungan, melainkan sudah masuk dalam lingkungan pesantren.


* * *


Mungkin tidak akan menjadi problem manakala semua pengaruh yang masuk memberikan efek energi positif. Namun, tidak semua ekspektasi terealisasi sepenuhnya, terdapat beberapa tantangan muncul. Hal tersebut tentunya melatarbelakangi munculnya solusi dan formula untuk mempertahankan dan menjaga autentikasi beragam identitas santri.


Baca Juga:  Ngaji Ndalem, Ngaji Khas Ala Al-Iman


Latar Belakang Penulisan Buku Ensiklopedia I’rob

Identitas santri di sini bisa beraneka macam bentuknya, baik dari tinjauan akhlaq santri yang menetap, cara berpakaian santri, kajian prioritas pesantren, atau identitas dengan sifat yang lain. 

    Di Pondok Pesantren Al-Iman sendiri, terdapat fan yang dikaji dalam semua jenjang, selain itu juga sudah menjadi identitas yang melekat, yakni fan ilmu alat, salah satunya adalah ilmu Nahwu. Sementara itu, di Bulus ilmu tersebut identik dengan konsep yang disebut “I’rob”. 

    I’rob sendiri adalah mengidentifikasi suatu lafadz dari segi kedudukan dalam sebuah susunan kalimah, bentuk suatu kata, dan beberapa parameter lain untuk dapat mengetahui lafadz tersebut secara detail.

Untuk mempertahankan identitas i’rob di tengah pesatnya globalisasi membutuhkan banyak cara, salah satunya dengan mengabadikannya. 


Dalam hal ini, kami berusaha untuk tampil menjadi bagian dari gerakan yang mempertahankan identitas i’rob dengan menuliskan sebuah karya yang merangkum sedikit banyak tentang i’rob khas Ponpes Bulus. 


Dari sisi lain, juga mempertahankan eksistensi i’rob bukan hanya sebatas untuk menjaga identitas, melainkan untuk menekankan pentingnya i’rob menjadi salah satu dasar dalam mempelajari Bahasa Arab secara umumnya.



 
Buku ini dapat dipesan di sini


Isi Buku Ensiklopedia I’rob

Buku ini terkhusus merangkum tentang I’rob yang sesuai dengan apa yang dipelajari di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus. Pasalnya, Bulus masyhur dengan i'rob-nya yang khas, karena berbeda dari i'rob kebanyakan seperti yang terdapat di kitab-kitab yang beredar.

            I'rob Bulus sendiri bisa dibilang lebih panjang dan lebih lengkap, sedangkan di Bulus sendiri i'rob merupakan materi dalam bidang Ilmu Nahwu yang penting. Hal ini dibuktikan dengan adanya tingkatan tersendiri saat Ngaji Ndalem.



Baca Juga: Potret Ngaji Ndalem di Masa Lalu

    

        I’rob sendiri menurut definisi yang terdapat dalam kitab al-Jurumiyyah adalah:


الإعراب هو تغيير أواخر الكلم لإختلاف العوامل الداخلة عليها لفظا أو تقديرا

Artinya: “I’rob adalah perubahan akhir suatu kalimat yang disebabkan karena berbedanya ‘amil yang memasukinya.”

 

           Namun, yang dimaksud I’rob dalam buku kami bukanlah I’rob yang terdapat dalam definisi kitab al-Jurumiyyah tersebut. Melainkan I’rob yang dimaksud di sini adalah “Identifikasi lafadz menggunakan Bahasa Arab”. 

    Jadi, nantinya kita dapat mengetahui suatu bentuk lafadz, kedudukannya dan tanda I’robnya melalui I’rob tersebut.


Baca Juga: Biografi Syekh Kholid al-Azhariy, Sang Pengarang Kitab I'rob Alfiyyah (Tamrin ath-Thullab)


Sambutan Pengasuh & Khodimul Ma’had

Pengasuh Ponpes Al-Iman Bulus, beliau Ustadz Hasan bin Agil Ba’abud dalam sambutan buku ini, selaku yang dituakan di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus, mengucapkan selamat dan sukses atas tersusunnya buku ini. Teriring doa dari beliau, semoga segala upaya dan usaha menjadi karya yang membawa manfa’at, barokah dan menyebabkan kita semua mendapat ridho-Nya.

            Harapan beliau, dengan hadirnya buku ini, semoga dapat menambah wawasan dan menjadi salah satu karya santri Al-Iman yang monumental dalam bidang Ilmu Nahwu.

   Selain itu, Habib Faqih Muqoddam Ba’abud, selaku khodimul ma’had, dalam sambutannya juga sangat mengapresiasi kepada tim yang telah menyisihkan waktu istirahatnya, mengenyampingkan tugas lainnya, merelakan untuk membagi pikirannya sehingga tersusunlah Ensiklopedia I’rob Khas Pondok Pesantren Al-Iman Bulus sebagai salah satu referensi dalam mempelajari Ilmu Nahwu.

    Harapan beliau, karya ini mampu membantu para santri untuk lebih mudah belajar Ilmu Nahwu khususnya dalam mengidentifikasi setiap lafadz. Susunan yang sistematis dan tidak terlalu rumit serta dilengkapi contoh-contoh yang mewakili dari setiap bab menjadikan lebih mudah dipahami.

 

Harapan dari Terbitnya Buku Ensiklopedia I’rob

Harapan kami dengan disusunnya buku ini semoga sedikit banyak dapat membantu sebagai teman belajar khususnya dalam pelajaran Nahwu. Walaupun tentunya masih banyak sekali kekurangan, atau bahkan belum menyandang kata layak.


* * *


    Untuk itu, kami dari tim penyusun begitu berharap atas kritik, saran dan koreksinya dari pihak manapun. Akhir kata, selamat membaca!


  

Posting Komentar

0 Komentar