Like Us Facebook

Biografi Imam asy-Syaukaniy, Sang Pembela Sunnah dan Penghancur Bid'ah


Namun, pada akhirnya, beliau menjadi pembela Sunnah dan banyak mengalahkan lawan-lawan polemiknya.




Oleh: M. Ryan Romadhon

Imam asy-Syaukaniy mempunyai nama lengkap al-Qodhi Muhammad bin Ali bin Abdullah asy-Syaukaniy ash-Shon'aniy. 

    Beliau dilahirkan pada 1173 H di kampung Syaukan dan dibesarkan di Shon'a.


* * *


Rihlah 'Ilmiyyah Imam asy-Syaukaniy

Di sana, beliau belajar al-Qur'an dengan serius, menuntut ilmu dengan tekun dari ulama'-ulama' besar, banyak menghafal kitab tentang Nahwu, Shorof dan Balaghoh.

    Selain itu, beliau juga menguasai ilmu Ushul, metodologi penelitian, dan ilmu berdebat, sehingga beliau menjadi panutan yang sangat mumpuni.

    Sepanjang hayatnya, beliau senantiasa bergelut dengan masalah keilmuan, baik dengan cara membaca maupun dengan mengajar. Hal tersebut beliau lakukan hingga ajal menjemputnya pada tahun 1250 H.


Baca Juga: Biografi Muhammad bin Abdul Wahhab, Sang Pendiri Aliran Wahabisme


Madzhab dan Akidah Imam asy-Syaukaniy

Imam asy-Syaukaniy mempelajari ilmu Fiqh dari madzhab-nya Imam Zaid (madzhab Zaidiyyah), sampai beliau menjadi tokoh utamanya yang selalu menulis karya dan memberi fatwa. Selain itu, beliau juga belajar Hadits hingga menjadi ulama' besar pada masanya.

    Namun, pada akhirnya, beliau menjadi pembela Sunnah dan banyak mengalahkan lawan-lawan polemiknya. Beliau adalah seorang Imam mujtahid, pembela sunnah dan penghancur bid'ah.

    Menurut beliau, taklid hukumnya haram, sampai-sampai beliau menulis berkenaan dengan permasalahan taklid tersebut dalam kitab al-Qoul al-Mufid fi Adillah al-Ijtihad wa at-Taqlid. 


Baca Juga: Biografi Syekh az-Zamakhsyariy, Sang Panutan dalam Disiplin Ilmu Balaghoh


Karya Tulis Imam asy-Syaukaniy

Imam asy-Syaukaniy mempunyai sejumlah karya yang bagus dalam berbagai disiplin ilmu. Diantaranya:

  1. Fath al-Qodir (salah satu karya Tafsir Imam asy-Syaukaniy yang menggabungkan antara riwayat, penalaran dan pengambilan hukum atas ayat-ayat yang ditafsirkannya)
  2. Nail al-Author (sebuah syarah atas kitab al-Muntaqo al-Akhbar karya Majid Ibnu Taimiyyah, kakek dari Syekh Ibnu Taimiyyah, sebuah kitab Hadits terbaik yang ditulis dengan pendekatan Fiqh)
  3. Irsyad al-Fuhul (tentang Ushul Fiqh)
  4. al-Fath ar-Robbani (kumpulan fatwa beliau)


* * *


    Demikianlah sekilas biografi Imam asy-Syaukaniy, seorang Imam mujtahid, pembela sunnah dan penghancur bid'ah. Semoga bermanfaat. Amin.


Wallahu a'lamu bishshowab


Baca Juga: Biografi Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry, Sang Pengarang Kitab Yaqut Nafis dan sajian perjalanan serta pelajaran hidup dari para tokoh lainnya yang terbukti menginspirasi lintas generasi di rubrik BIOGRAFI TOKOH.


Referensi:
  • Mabahits fi 'Ulum al-Qur'an, Syekh Manna' al-Qothon, hal. 377, Dar al-'Ilm wa al-Iman.

Posting Komentar

0 Komentar