Like Us Facebook

Review Buku Bilqolam: Lebih Mengenal Buku Kajian Sholat Jama'ah




Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah sebuah buku yang berisi tentang kajian secara mendalam sholat jama'ah, baik dari sisi hukum, konsekuensi, maupun kompensasi dari sholat jama'ah.




Oleh: Tim Redaksi

Pernahkah kita berfikir tentang pentingnya sholat berjam'aah? Adakah diantara kita yang pernah mendalami makna tersirat dari sholat jama'ah? 

    Ibarat kata, konsekuensi dan kompensasi yang akan kita dapatkan dari sholat jama'ah sebatas mendapatkan dua puluh tujuh pahala. Padahal, faktanya lebih dari semua yang kita bayangkan.


* * *


Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah sebuah buku yang berisi tentang kajian secara mendalam sholat jama'ah, baik dari sisi hukum, konsekuensi, maupun kompensasi dari sholat jama'ah.

    Dalam buku ini, kami mencoba mengumpulkan apa yang dituliskan oleh para ulama' salaf dan mengombinsikannya satu sama lain, dengan mengambil pokok-pokok pikiran yang telah dirumuskan oleh mereka, kemudian meruntutkannya menjadi sebuah pembahasan yang sistematis.


Latar Belakang Penulisan

Sholat Jama'ah merupakan sebuah ibadah yang hanya disyari'atkan bagi umatnya Nabi Muhammad saw. saja. Dalam catatan historis Islam, sholat jama'ah disyari'atkan setelah Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah.

    Ketika kita membicarakan sholat jama'ah, maka kita juga perlu membahas unsur-unsurnya yang saling terkait satu sama lain, yakni imam, makmum dan segala hal yang berkaitan dengan jama'ah selain keduanya.


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Buku Panduan Belajar Ilmu Nahwu Dasar

 

   Persoalan yang banyak terjadi semisal ada sebagian makmum yang melakukan gerakan-gerakan sholat bersamaan dengan gerakan imam, bahkan ada yang mendahului gerakan imam.

    Selain itu, ada pula makmum yang tidak mau meluruskan shof-nya dan tidak mau merapatkan bahunya dengan bahu makmum sebelah kanan dan kirinya.

    Bahkan, ada pula yang memutuskan ataupun mengosongkan shof-nya dan juga terdapat shof yang tidak seimbang jumlah antara makmum sebelah kanan imam dan jumlah makmum yang berada di sebelah kiri imam.



Buku ini dapat dipesan di sini


    Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dirasa perlu adanya sebuah karya tulis yang memaparkan tata cara sholat jama'ah yang baik dan benar, serta sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.


Baca Juga: Review Kitab Yaqut an-Nafis, Kitab Mukhtashor yang Memberikan Perhatian Khusus terhadap Definisi Istilah Fiqh

 

   Tentunya hal tersebut sudah dilakukan oleh para ulama' terdahulu dalam kitab-kitab mereka secara gamblang dan jelas. Akan tetapi, semakin ke sini, pengkajian kitab-kitab tersebut dirasa semakin jarang ditemui kecuali dalam lingkup pesantren saja.

    Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami mencoba membuat karya tulis yang berisi kajian tentang sholat jama'ah dengan mengumpulkan apa yang telah dirumuskan oleh para ulama' terdahulu, kemudian menyampaikannya kepada para pembaca dengan bahasa yang sederhana serta pembahasan yang lebih sistematis.


* * *


Isi Buku

Buku "Kajian Sholat Jama'ah" ini secara garis besar mempunyai enam bab. Mulai dari BAB I yang berisi tentang deskripsi sholat jama'ah, mulai dari definisi, dalil pensyari'atan, hukum jama'ah, sampai hal-hal yang dapat merubah hukum asal sholat jama'ah.

    Kemudian BAB II berisi pembahasan tentang unsur terpenting dalam sholat jama'ah, yakni imam dan makmum, baik hal-hal yang berkaitan dengan imam maupun makmum dalam berjama'ah.


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Buku Panduan Belajar Ilmu Shorof Tingkat Tsanawiyyah

 

   Pada BAB III, buku ini membahas pembahasan tentang kesunahan-kesunahan yang ada dalam sholat berjama'ah. Lalu, BAB IV berisi tentang ketentuan global dan konsekuensinya dalam sholat jama'ah.

    Dilanjutkan BAB V berisi tentang 'udzur-'udzur dalam melaksanakan sholat jama'ah, sedangkan bab yang terakhir, yakni BAB VI membahas mengenai fadhilah-fadhilah sholat berjama'ah.


* * *


    Demikianlah, review (ulasan) singkat mengenai buku "Kajian Sholat Jama'ah". Memang, buku ini belumlah bisa dikatakan sebagai kajian yang cukup komperehensif terkait dengan sholat jama'ah yang ditulis oleh para  Fuqoha' (ulama' Fiqh).

    Namun, kami berharap hadirnya buku ini bisa membantu orang lain untuk memahami sholat jama'ah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


Baca Juga: Review Kitab Amtsilah Tashrifiyyah, Kitab Miniatur Morfologi dari Keberagaman Kosakata Bahasa Arab dan review menarik lainnya, yang dapat disambungkan dan disumbangkan untuk kemajuan peradaban modern di rubrik REVIEW.

Posting Komentar

0 Komentar