Like Us Facebook

Biografi Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry, Sang Pengarang Kitab Yaqut Nafis

 


 

Salah satu karya terbaik dari beberapa karya kitab yang pernah beliau tulis adalah kitab ‘Yaqut an-Nafis’.



Oleh: M. Ryan Romadhon

Pengarang kitab ‘Yaqut an-Nafis fi Madzhab Ibn Idris’  adalah Sayyid Ahmad asy-Syathiry. Beliau mempunyai nama lengkap Sayyid Ahmad bin Umar bin Iwadh bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Ali bin Husain bin Muhammad bin Ahmad bin Umar bin Alawy asy-Syathiry.


* * *


Kelahiran & Nasab Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry

    Beliau lahir di Tarim Hadhramaut pada tahun 1312 H. Beliau merupakan putra dari pasangan suami istri Sayyid Umar bin Iwadh asy-Syathiry dan Syarifah Zahra binti Sayyid Abu Bakar bin Abdurrahman bin Syihabuddin.


Pendidikan & Perangai Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry

Beliau tumbuh berkembang dalam bimbingan serta perhatian dari para ulama' yang ada di kota Tarim, khususnya al-Habib Abdullah bin Umar asy-Syathiry yang menaruh perhatian besar kepadanya.

    Sayyid Ahmad (sang pengarang kitab al-Yaqut an-Nafis) tumbuh menjadi seorang yang sholeh dan mencintai ilmu agama. 


Baca Juga: Review Kitab Yaqut an-Nafis, Kitab Mukhtashor yang Memberikan Perhatian Khusus terhadap Definisi Istilah Fiqh


    Beliau memiliki paras yang tampan, hati yang lembut, dan berjiwa sosial terhadap masyarakat sekitar. Selain itu, beliau juga suka menolong dalam menyelesaikan masalah manusia dengan ikhlas, meski terkadang kondisi badan beliau kurang sehat. 

    Beliau juga senantiasa menegakkan syari'at dengan sungguh-sungguh. Hal ini sampai membuat al-Habib Abdullah bin Umar asy-Syathiry memuji dengan sebuah pujian,

إنَّهُ شَابٌ لاَ صَبْوَة لَهُ

"Sesungguhnya dia (Sayyid Ahmad) adalah seorang pemuda yang telah hilang hawa nafsunya (karena sangat baiknya)."


Rihlah 'Ilmiyyah & Guru-guru Sayyid Ahmad asy-Syathiry

Sejak kecil, beliau gemar menuntut ilmu di beberapa madrasah sekitar rumahnya, hingga beliau berguru kepada al-Habib Abdullah bin Umar asy-Syathiry di Rubath Tarim. Dibawah bimbingan al-Habib Abdullah inilah beliau menerima berbagai ilmu dzohir maupun bathin.

    Selain itu, beliau juga berguru kepada al-Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi, al-Habib Ahmad bin Hasan al-'Aththos, al-Habib Ali bin Abdurrahman al-Masyhur, al-Habib Alwi bin Abdurrahman al-Masyhur, al-Habib Abdullah bin Alawy al-Habsyi, al-Habib Umar bin Sholih al-Aththos, al-Habib Abdullah bin Idrus Alaydrus, serta kakek beliau sendiri, yakni al-Habib Abu Bakar bin Abdurrahman bin Syihabuddin.

    Dengan penuh semangat dan ketekunan, beliau mendalami berbagai cabang keilmuan, bahkan menghafalkan beberapa kitab matan dari berbagai cabang ilmu yang sedang beliau pelajari. 

Adapun diantara kitab yang beliau hafal adalah: 

  1. Sebagian besar isi dari kitab al-Bahjah karya Imam Ibnu Wardiy, 
  2. Kitab al-Irsyad, 
  3. Matan az-Zubad (fan Fiqh),
  4. Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik (fan Nahwu & Shorof),
  5. Matan as-Sulam (ilmu Manthiq), dsb. 
    Hal tersebut membuat ayah beliau ingin mengirimnya untuk menimba ilmu di Jami' al-Azhar, Mesir. Namun, guru-guru beliau yang ada di Kota Tarim melarangnya, dan menganjurkan agar al-Habib Ahmad bin Umar asy-Syathiry (pengarang kitab al-Yaqut an-Nafis) untuk terus tekun belajar dibawah bimbingan ulama Hadhromaut.

    Beliau sangat tekun dalam memperdalam ilmu Fiqh, Tafsir, Hadits, Ushul, 'Arobiyyah, Sastra, dan Sosiologi. Bahkan seringkali beliau membaca majalah-majalah untuk mempelajari gaya bahasa yang indah dan penuh sastra.



Aktivitas Mengajar Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry

Keilmuan beliau yang begitu tinggi menjadikan beliau ditunjuk oleh guru besar beliau, yakni al-Habib Abdullah bin Umar asy-Syathiry untuk mengajar di Rubath Tarim. Bahkan beliau seringkali menggantikan posisi al-Habib Abdullah asy-Syathiry saat berhalangan hadir untuk mengajar.

    Selain mengajar di Rubath Tarim, Sayyid Ahmad asy-Syathiry (pengarang kitab al-Yaqut an-Nafis) juga diminta oleh beberapa pihak untuk mengajar di Madrasah Jam'iyyah al-Haq di Kota Tarim.

    Namun sebelum menerima tawaran mengajar tersebut, beliau menunggu izin dari gurunya terlebih dahulu, hingga akhirnya beliau pun mendapatkan izin dari guru besarnya, al-Habib Abdullah bin Umar asy-Syathiry untuk mengajar di sana pada tahun 1338 H.

    Sayyid Ahmad asy-Syathiry adalah sosok yang gemar belajar dan mengajar, bahkan hanya sedikit waktu yang beliau sisihkan untuk keluarganya. Seklain mengajar ilmu Fiqh, beliau juga mengajar berbagai bidang ilmu lain, seperti Ma'ani, Bayan, Tarikh, Geografi, Manthiq, dan Lughoh.

    Adapun diantara kitab-kitab yang beliau khatamkan di majelis Rouha yang berlangsung antara waktu Maghrib dan 'Isya adalah kitab Syarah al-Minhaj beserta berbagai Hasyiah-nya, kitab Bughyah al-Mustarsyidin beserta ushul-ushul-nya, dan kitab at-Tajrid al-Bukhoriy.

Baca Juga: Biografi Imam al-Mawardy, Pengarang Kitab Adab ad-Dunya wa ad-Din


Beberapa Karya Tulis Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry

Selain sibuk mengajar dan membantu sesama serta mendamaikan umat manusia, Sayyid Ahmad asy-Syathiry juga sibuk dalam berfatwa dan menulis beberapa karangan. Beliau merupakan salah satu dari ulama kontemporer yang produktif dalam berkarya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya karya yang telah berhasil beliau bukukan. 

    Diantara karya beliau adalah kitab yang mensyarahi karya Syekh Salim bin Sumair al-Hadhromy asy-Syafi’i, yang beliau namai dengan ‘Nail ar-Raja Syarh Safinah an-Naja’ yang pernah dicetak di Mesir. 

    Selain itu, beliau juga mempunyai semacam ulasan (ta’liq) terhadap kitab ‘Bughyah al-Mustarsyidin’ yang merupakan kumpulan fatwa mufti Hadhramaut Sayyid Abdurrahman al-Masyhur. Catatan ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para pembaca kitab Bughyah al-Mustarsyidin tersebut.

    Beliau juga memiliki beberapa gubahan syair yang sangat indah, yang berisi nasihat-nasihat dalam menjalani kehidupan.

    Salah satu karya terbaik dari beberapa karya kitab yang pernah beliau tulis adalah kitab ‘Yaqut an-Nafis’, yang mana telah menyebar di berbagai penjuru dunia untuk dikaji dan dihafalkan. 

    Hal tersebut mengingat pembahasannya yang sangat lengkap namun ringkas, yang mencakup bab 'ubudiyyah (ibadah), mu'amalah (jual-beli dan transaksi semisalnya), munakahah (perniikahan), dan jinayah (kriminalisasi), serta bab-bab lainnya.


* * *


    Demikianlah sekilas biografi Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiry, sang pengarang kitab Yaqut an-Nafis fi Madzhab Ibn Idris. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.


Wallahu a'lamu bishshowab


Baca Juga: Biografi Syekh Khudhori Beik, Sang Pengarang Kitab Nurul Yaqin dan sajian perjalanan serta pelajaran hidup dari para tokoh lainnya yang terbukti menginspirasi lintas generasi di rubrik BIOGRAFI TOKOH.


Referensi:

  • Syarh Yaqut an-Nafis fi Madzhab Ibn Idris, hal. 7-12, Dar al-Ummah.

Posting Komentar

1 Komentar