Like Us Facebook

Acara Perdana Penyambutan Akhirussanah Ponpes Al-Iman Bulus: Bazar Buku

 


Melihat pentingnya literasi dan perkembangan ilmu pengetahuan bagi kehidupan, harapan terbesar kami, dengan diadakannya acara bazar tersebut dapat mendongkrak minat baca masyarakat pada umumnya dan santri Al-Iman secara khusus.


Oleh: M. Ryan Romadhon

Pada Rabu, 16 Maret 2022 di gedung MTs Al-Iman Bulus 01 lalu, kami selaku komunitas literasi Bilqolam Al Iman, Alhamdulillah telah sukses membuka acara bazar untuk yang pertama kalinya di Ponpes Al-Iman Bulus. Bazar yang berlangsung hingga Rabu, 23 April 2022 mendatang, merupakan salah satu rangkaian acara menjelang Haflah Akhirussanah dan Haul ke-36 sekaligus Tasyakuran Wisuda Tafsir Jalalain dan Khataman Al-Qur’anul Karim Ponpes dan Madrasah Al-Iman Bulus Tahun 1443 H/2022 M.

Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan yang menjadi kebutuhan pokok setiap insan yang menuntut ilmu. Akan tetapi, minimnya akses terhadap buku yang disebabkan oleh tingginya harga buku baru yang dijual ke masyarakat menjadikan mereka enggan untuk membeli buku dan berbagai bentuk karya tulis lainnya. Selain itu, hal tersebut secara tidak langsung juga menyebabkan berkurangnya minat baca masyarakat, khususnya santri Pondok Pesantren Al-Iman.


Maka dari itu, kami dari Bilqolam Al-Iman selaku komunitas literasi di dalam lingkup Ponpes Al-Iman Bulus berkeinginan mengadakan kegiatan bazar buku, sebagai langkah awal menggerakkan santri Al-Iman secara khusus dan masyarakat pada umumnya agar menyukai aktifitas membaca buku tersebut.


Pada bazar perdana kali ini, kami bekerja sama dengan beberapa penerbit. Seperti Gramedia, Turos, Istana Agency, Quanta, dan Elex Media Komputindo. Dari beberapa penerbit tersebut tentunya memperjualbelikan beberapa macam genre karya tulis, seperti fiksi, non-fiksi dan Islami.


Selain karena merupakan bazar yang pertama kali diadakan, sesuatu yang dirasa spesial lagi dalam acara bazar tersebut adalah karena kami juga me-launching tiga karya santri Al-Iman Bulus, yakni Kajian Sholat Jama’ah, Ensiklopedia I’rob dan Berpuisi di balik Jeruji Suci. Selain itu, kami juga me-launching Majalah Edisi 02 (Spesial Haul). 

Melihat antusias santri Al-Iman dalam hal literasi, khususnya yang berkaitan dengan khazanah keislaman, juga agar mereka dapat membagi waktu dalam membaca buku dan kitab, selain menyediakan berbagai macam buku dari berbagai genre karya tulis, kami juga menyediakan berbagai macam kitab dari berbagai macam fan (disiplin ilmu) dari beberapa percetakan.

Beberapa media online pun tak kalah berlomba-lomba untuk meliput acara bazar yang dilaksanakan dalam menyambut haul ke-36 Ponpes Al-Iman Bulus tersebut. Tercatat seperti NU Online Jateng, Dakwah NU. id, Purworejo.Pikiran-Rakyat.com dan sebagainya ikut meramaikan acara bazar tersebut di media online.

Bazar buku yang diselenggarakan dengan meriah akan lebih menarik minat masyarakat. Masyarakat yang masih awam dengan buku akan menjadi tertarik dengan adanya bazar buku yang meriah tersebut. Setelah masyarakat tertarik dengan bazar buku, hal ini memungkinkan pula untuk menumbuhkan minat baca masyarakat yang masih rendah.  

Melihat pentingnya literasi dan perkembangan ilmu pengetahuan bagi kehidupan, harapan terbesar kami, selaku komunitas yang bergerak dalam dunia literasi, dengan diadakannya acara bazar tersebut dapat mendongkrak minat baca masyarakat pada umumnya dan santri Al-Iman secara khusus.

Posting Komentar

0 Komentar