Like Us Facebook

Review Buku Bilqolam: Buku Panduan Belajar Ilmu Shorof Tingkat Tsanawiyyah

 


Buku ini dapat dipesan di sini.

Modul tersebut akan diproyeksikan menjadi acuan dan bahan ajar untuk tingkat Tsanawiyyah di Ponpes Al-Iman Bulus Purworejo.



Oleh: Tim Redaksi

Alhamdulillah, setelah sebelumnya Bilqolam Al-Iman menerbitkan buku 'Panduan Belajar Ilmu Nahwu' yang wajib dimiliki santri Tsanawiyah dan Isti'dad/sekolah persiapan (SP), kini Bilqolam Al-Iman kembali menerbitkan karya berupa buku 'Panduan Belajar Ilmu Shorof' yang juga wajib dimiliki santri Tsanawiyah dan Isti'dad yang mana telah resmi rilis (01/02). 


* * *


    Hadirnya buku ini merupakan panduan dasar yang mana membantu pemahaman para santri terhadap ilmu alat yang terkesan ruwet. Adapun prosesnya tentu dengan tahap yang panjang. 

    Karya ini berlandaskan pada kitab-kitab yang mu'tabar, telaah berulang-ulang, serta layout yang mumpuni sehingga mempermudah pemahaman santri.

 Ponpes Al-Iman Bulus, sebagaimana yang telah masyhur di kalangan luas, merupakan pondok yang berbasis kitab kuning dengan prioritas ilmu alat, yakni Nahwu dan Shorof. Kedua ilmu itulah yang menjadi fundamen dalam tatanan mata pelajaran kitab-kitab kuning lainnya.

 Perkembangan pesat yang sangat signifikan pada akhir-akhir ini menjadikan Ponpes Al-Iman termasuk salah satu dari lima pondok pesantren besar di Provinsi Jawa Tengah. 


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Buku Panduan Belajar Ilmu Nahwu Dasar


    Kondisi ini menjadi salah satu motivasi kami dari tim pembukuan tergerak untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah yang merangkum dasar-dasar ilmu Shorof dengan kompetensi dan sistematika yang baik. 

    Modul tersebut akan diproyeksikan menjadi acuan dan bahan ajar untuk tingkat Tsanawiyyah di Ponpes Al-Iman Bulus Purworejo.

  Urgensi ilmu tata Bahasa Arab menjadi kebutuhan primer bagi kalangan santri yang memiliki prinsip 'ngaji kitab kuning'. 

    Selain itu, manfaat dan mempelajari ilmu bahasa secara konteks sosial dapat menambah kepekaan dan kelembutan rasa, jiwa, dan naluri. Sehingga otomatis meningkatkan tensi dari tenggang rasa, solidaritas, toleransi, simpati maupun empati pada sesama. 


Baca Juga: Review Kitab Amtsilah Tashrifiyyah, Kitab Miniatur Morfologi dari Keberagaman Kosakata Bahasa Arab


    Senada dengan dawuh Imam Syafi'i,

مَنْ نَظَرَ فِي اللُّغَةِ، رَقَّ قَلْبُهُ

Artinya: "Barang siapa berkecimpung dalam tata bahasa, kelak akan memiliki perasaan yang lembut".

"Harapan kami, karya yang tentunya masih banyak kekurangan ini adalah sebuah keniscayaan tanpa adanya telaah bersama, saran dan kritik yang membangun dari semua elemen persatuan Yayasan Pendidikan Al-Iman Bulus. Dan harapan besar kami dan semua santri Al-Iman adalah mendapatkan ilmu manfaat, barokah, dan ridho dari masyayikh Al-Iman Bulus." ujar Luthfil Khakim dalam kata pengantar yang juga turut menyusun buku ini.

  Adapun buku ini hanya diperuntukkan khusus untuk santri Al-Iman Bulus (MTs/SP), tidak untuk khalayak umum.


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Lebih Mengenal Buku Kajian Sholat Jama'ah dan review menarik lainnya, yang dapat disambungkan dan disumbangkan untuk kemajuan peradaban modern di rubrik REVIEW.

Posting Komentar

0 Komentar