Like Us Facebook

Review Buku Bilqolam: Buku Panduan Belajar Ilmu Nahwu Dasar

 
   


Mengingat santri Al-Iman Bulus tingkat Tsanawiyyah dan Isti'dad adalah tingkat pemula yang bagi mereka merupakan hal baru, maka buku ini menjadi salah satu buku yang wajib dimiliki. 



Oleh: M. Istikmal

Pada Agustus 2021 lalu, Bilqolam Al-Iman Bulus telah menerbitkan sebuah karya berupa buku 'Panduan Belajar Ilmu Nahwu' berbasis kitab Jurumiyyah untuk tingkat Tsanawiyyah & Isti'dad (SP). 


* * *


Dengan hadirnya buku ini, tentu mempermudah para santri Al-Iman Bulus dalam mempelajari ilmu alat yang menjadi kunci untuk membaca kitab kuning, baik kitab yang berbasis salaf maupun kontemporer.

    Beliau, Al-Ustadz Hasan bin Agil Ba'abud pada kata pengantar buku ini menyampaikan, "Salah satu dari beberapa disiplin ilmu bahasa Arab adalah ilmu Nahwu, yaitu ilmu yang berisi tentang kaidah-kaidah yang membahas tentang keadaan akhir suatu kalimah. 

    Di kalangan pesantren, ilmu Nahwu menjadi pelajaran pokok yang harus dikaji baik dari tingkat Tsanawiyyah, Aliah, Takhassus, maupun Ma'had Aly dengan kompetensi dasar materi yang berbeda. 


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Buku Panduan Belajar Ilmu Shorof Tingkat Tsanawiyyah

 

   Salah satu kitab yang masyhur sebagai acuan dasar memahami ilmu Nahwu adalah kitab Jurumiyyah. Kitab ringkas dengan penjelasan yang singkat ini sangat cocok dipelajari oleh santri dalam tingkat pemula. 

    Pasalnya, kitab tersebut disampaikan dengan bahasa sederhana dan ringkas, metodologi yang sistematis, dengan tanpa mengurangi bab pokok serta pembahasan yang menjadi asas dasar dari ilmu Nahwu." 

         

Buku ini dapat dipesan di sini.


    Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur'an. Dengan Bahasa Arab, kita mampu mengetahui makna tekstual setiap kata, sehingga mampu memahami isi dari kandungan al-Qur'an. 

    Sungguh sangat disayangkan bagi kita umat Islam jika tidak terbesit sedikitpun dibenak kita untuk mempelajari al-Qur'an. Padahal al-Qur'an itu sendiri sebagai pedoman hidup manusia. Imam Mujahid berkata,

لا يحل لأحد يؤمن بالله واليوم الآخر أن يتكلم في كتاب الله إذا لم يكن عالما بلغة العرب

Artinya: "Haram hukumnya bagi seseorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir berbicara tentang kitab Allah (al-Qur'an), Sedangkan dia tidak mengetahui Bahasa Arab."


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Lebih Mengenal Buku Kajian Sholat Jama'ah


  Mengingat santri Al-Iman Bulus tingkat Tsanawiyyah dan Isti'dad adalah tingkat pemula yang bagi mereka merupakan hal baru, maka buku ini menjadi salah satu buku yang wajib dimiliki. 

    Sebelum melanjutkan ke jenjang atasnya, yaitu Aliah, mereka membutuhkan panduan yang menjadi acuan dasar. Sebab, ketidakmampuan seseorang dalam memahami dasar dari ilmu Nahwu, mengakibatkan kerancauan dalam mempelajari ilmu dan kitab dalam tingkat selanjutnya. Ibarat kapal, tentunya dia akan terombang-ambing kacau balau.

 Selain alasan mendasar tersebut, hadirnya buku ini adalah wujud ikhtiyar menggapai keberkahan dan kemanfaat dari ilmu tersebut. 

    "Karya ini tentunya masih banyak kekurangannya, untuk itulah, saran dan kritik yang membangun dari semua elemen Yayasan Pendidikan Al-Iman Bulus tentu sangat diharapkan." ujar Ubaidillah Khobir yang juga turut menyusun buku panduan ini.


Baca Juga: Review Buku Bilqolam: Lebih Mengenal Buku Berpuisi Di balik Jeruji Suci dan review menarik lainnya yang dapat disambungkan dan disumbangkan untuk kemajuan peradaban modern di rubrik REVIEW.

Posting Komentar

0 Komentar