Like Us Facebook

Biografi Syekh Abi Syuja', Sang Pengarang Kitab at-Taqrib

 


 

Aku tidak pernah menggunakan satupun anggota tubuhku untuk bermaksiat kepada Allah Swt. Karena pada masa mudaku aku meninggalkan maksiat, maka Allah Swt menjaga tubuhku di usia senjaku.



Oleh: M. Hanif Rahman

Nama asli dari pengarang kitab at-Taqrib adalah Syihab ad-Dunya wa ad-Din Ahmad bin Husain bin Ahmad al-Ashfihani asy-Syafi'i, yang lebih populer dengan panggilan Syekh Abi Syuja'. 

    Beliau berasal dari Isfahan, salah satu kota di Persia, Iran. Beliau dilahirkan di Bashroh pada tahun 433 H/1042 M. 

    Beliau pernah menjabat sebagai menteri pada masa Dinasti Saljuk pada tahun 447 H/1455 M, sehingga menjadikan beliau dikenal dengan julukan "Syihab ad-Dunya wa ad-Din" (bintang dunia dan agama). Pada masa itu, beliau dapat menyebarluaskan agama dan keadilan.


* * *


Aktivitas Keseharian Syekh Abi Syuja'

    Salah satu kebiasaan beliau adalah tidak pernah keluar rumah sebelum sholat dan membaca al-Qur'an sedapat mungkin. Dalam urusan kebenaran, beliau tak pernah gentar akan cacian, makian, hujatan, dan kecaman dari siapapun, baik pejabat atau bahkan penjahat. 

    Ketika menjabat sebagai menteri, beliau sangatlah dermawan. Beliau mengangkat sepuluh orang pembantu untuk membagi-bagikan hadiah dan sedekah. Mereka diserahi seratus dua puluh ribu dinar. Uang sebanyak itu dibagi-bagikan kepada para ulama' dan orang-orang sholeh.

    Syekh Abi Syuja' adalah pakar Fiqh madzhab Syafi'i. Di Bashroh, beliau mendalami madzhab Fiqh yang dipelopori oleh Imam Syafi'i selama empat puluh tahun lebih, sehingga beliau menjadi pakar Fiqh madzhab Syafi'i.


Berkhidmah Di Area Masjid Nabawi

    Pada akhir usianya, beliau memilih untuk hidup dalam kezuhudan. Seluruh hartanya dilepas dan beliau pun pergi ke Madinah. Di sana, aktivitas yang dilakukan rutin setiap harinya oleh beliau adalah menyapu, menghampar tikar, dan menyalakan lampu masjid Nabawi. 

    Setelah salah seorang pembantu masjid Nabawi meninggal dunia, Syekh Abu Syuja' mengambil alih tugas-tugasnya. Rutinitas tersebut beliau jalani sampai ajal menjemputnya pada tahun 593 H/1166 M.

    Syekh Abu Syuja' meninggal dunia di Madinah. Jenazahnya dimakamkan di masjid yang beliau bangun sendiri di dekat Bab Jibril, sebuah tempat yang pernah disinggahi Malaikat Jibril. Letak kepalanya berdekatan dengan kamar makam Nabi Muhammad Saw dari sebelah timur.


Anggota Tubuh Beliau Tidak Ada yang Cacat Meski pada Usia Senja

    Allah Swt menganugerahi usia panjang kepada tokoh besar ini. Seratus enam puluh tahun lamanya beliau menghirup udara dunia. Akan tetapi, dalam jangka waktu yang sangat panjang itu, tak satupun dari anggota tubuh beliau yang cacat. 

    Ketika ditanya mengenai rahasianya, beliau menjawab, "Aku tidak pernah menggunakan satupun anggota tubuhku untuk bermaksiat kepada Allah Swt. Karena pada masa mudaku aku meninggalkan maksiat, maka Allah Swt menjaga tubuhku di usia senjaku".


* * *


    Demikianlah sekilas biografi Syekh Abi Syuja', sang mushonif (pengarang) kitab Taqrib, atau dikenal juga dengan nama "al-Ghoyah wa al-Ikhtishor". Semogadi bermanfaat bagi kita semua. Amin. 


Wallahu a'lamu bishshowab


Posting Komentar

0 Komentar