Like Us Facebook

Biografi Syekh Jalaluddin as-Suyuthy, Sang Ulama' Multitalenta

 




Oleh: Luthfil Khakim

Syekh Jalaluddin As Suyuthy memiliki nama asli Jalaluddin Abu Fadlh Abdurrahman bin al-Kamal Abi Bakr bin Muhamad bin Sabiq ad-Din bin Usman bin Muhammad bin Khadr bin Ayub bin Muhammad bin Muhammad bin asy-Syaikh Hamm ad-Din al-Khodhiri as-Suyuthi asy-Syafi’i

Beliau lahir setelah maghrib pada malam Ahad bulan Rajab tahun 849 H atau bulan Oktober  tahun 1445 M di kota Mesir. Beliau menjadi yatim pada usia 5 tahun lebih 7 bulan, setelah kepergian ayahnya.


Sepak Terjang dalam Menimba Ilmu

Pada usia yang masih belia, tepatnya kurang dari 8 tahun, Imam Jalaludin As Suyuti sudah menghafal al-Qur’an, kitab ‘Umdat al-Ahkam fii al-Fiqh karya Ibnu Qodami, Minhaj al-Fiqh karya an-Nawawi, Minhaj al-Ushul karya al-Baidhowi dan Alfiyah Ibnu Malik. Beliau mendapat ijazah untuk mengajar Bahasa Arab pada usia 17 tahun, tepatnya tahun 866 H. Pada saat itulah beliau mulai mengarang kitab. Selain itu beliau juga mengajar FiqhSyafi’iyah di Masjid asy-Syaikhony, Masjid Ibnu Thulun, ditetapkan oleh guru beliau ‘Alamu ad-Din al-Bulqini.

Kemudian  setelah berumur 21 tahun disaat itulah awal mula beliau berfatwa. Beliau pernah berkata: “Aku mulai berfatwa tepatnya tahun 871 H. Setelah mencapai derajat tarjih aku tidak  keluar dari tarjih-nya an-Nawawi “. Mendapati kapasitas keilmuan beliau, Khalifah al- Mutawakkil pun mengangkat beliau sebagai Qodhi al-Qudhot, tepatnya setelah beliau mencapai derajat Mujtahid Mutlak. Dalam hal ini beliau mengatakan:

“Kemudian setelah aku sampai tingkat ijtihad mutlak, aku tidak keluar dari madzhab Imam Syafi’i dalam berfatwa”. 

Hal tersebut tidak mengherankan sebab ada banyak fan ilmu yang sangat beliau kuasai, diantaranya fan Tafsir, Hadist, Fiqh, Nahwu, Ma’ani, Bayan, Badi’ Arab, Balaghoh, serta Filsafat. Selain itu beliau juga menguasai Ushul Fiqh, Jadal, Tashrif, Insya’, Rasal, Faraidh, Qiro'at, Kedokteran, Hisab dan juga Manthiq.


Guru-gurunya

Imam Jalaludin as-Suyuti berguru dari banyak ahli ilmu. Dalam kitab Husni al-Muhadhoroh-nya beliau mengatakan bahwa gurunya mencapai 150 orang,

“Adapun guru-guruku dalam riwayat baik hanya mendengar ataupun ijazah sangatlah banyak. Aku meruntutkan dan mengumpulkannya dalam al-mu’jam. Jumlahnya ada 150”.

Diantaranya, Ilmu ad-Din Sholih al-Bulqini Ibnu Ayaikh al-Islam Siroj ad-Din al-Bulqini (791-898 H), kepadanya beliau belajar ilmu Fiqh sampai gurunya meninggal.

• Taqiy ad-Din Ahmad bin Muhammad asy-Syamni al-Hanafi (801-872 H), kepadanya beliau belajar banyak dalam kitab al-Kasyaf, at-Taudhih wa Hasiyatuhu, dll.

• Muhyiddin Muhammad bin Sulaiman bin Mas’ud ar Rumi al Kafiji ( w. 879 H ), lepadanya beliau belajar beberapa fan ilmu, diantaranya Tafsir, Ushul, bahasa Arab, Ma’ani dll.

Beliau juga belajar kepada al ‘Izz al-Hanbali, al-Marzabani, Jalaluddin al-Mahali dan masih banyak lagi. Beliau mendapat ilmu hadis dari 150 guru yang masyhur dalam ilmu ini. Tidak hanya dengan guru laki-laki, tetapi beliau juga belajar kepada guru-guru wanita yang berkapasitas ilmu tinggi diantaranya, Asiyah binti Jaarillah bin Sholih, Kamaliyah binti Muhammad al-Hasyimiyah, Ummu Hani binti Abi Al-Hasan al-Hurwaini, Ummu al-fadhl binti Muhammad al-Muqdisy dan masih banyak lagi.


Murid-muridnya

Murid beliau sangatlah banyak. Beberapa murid beliau yang masyhur diantaranya adalah:

  1. Syamsuddin Muhammad ad-Dawudi al-Mishry asy-Syafi’i, ada yang mengatakan al-Maliky
  2. Abdul Wahab bin Ahmad bin ‘Aly al Hanafy, Abu Muhammad asy-Sya’roni
  3. Syamsuddin Muhammad bin ‘Aly bin Thulun
  4. ‘Abdul Qadir bin Muhammad asy-Syadzili al-Muadzin al-Mishry asy-Syafi’i
  5. Umar bin Qasim bin Muhammad al-Anshory al-Mishry an-Nashr ( w. 938 H )
  6. Syamsuddin bin Muhammad bin Yusuf bin ‘Aly asy-Syami as-Sholihy ad-Dimsyiqy (w. 946 H ) dan masih banyak lagi.


Kezuhudan dan Ketaqwaan

Setelah berumur 40 tahun beliau mengasingkan diri untuk beribadah kepada Allah Swt, meninggalkan semua perkara dunia, seakan-akan beliau tidak mengenal satupun orang di dunia. Bahkan beliau sudah tidak lagi berfatwa dan mengajar. Dan juga beliau tidak membuka pintu rumah sama sekali. Hal itu terus dilakukan sampai beliau meninggal. Suatu saat ada pejabat pemerintah yang datang dan memberinya uang, tapi beliau menolaknya. Dan masih banyak lagi karamah-karamah beliau.

Karya-karya

Beliau merupakan ulama’ yang sangat produktif, hampir di semua fan ilmu ada karya beliau. Oleh karenanya, karya-karyanya kurang lebih mencapai 600 karya. Beberapa diantaranya yang masyhur adalah:

  1. al-Itqon fii ulum al-Qur’an
  2. Tadrib ar-Rawi fii Syarh li an-Nawawi (Ilmu Hadist)
  3. al-Asybah waa an Nadhoir fii Qawa’id waa Furu’i Fiqh asy-Syafi’i
  4. al-Asybah waa an-Nadhoir fii Nahwi
  5. Jami’ ash-Shogir (kumpulan Hadits)
  6. Tafsir al-Jalalain (bersama Jalaluddin al-Mahaly)


Wafat

Beliau wafat pada usia 61 tahun lebih 10 bulan 18 hari. Tepatnya pada akhir malam jum’at, 19 Jumadil Awal tahun 911 H. di rumah beliau, setelah menderita bengkak yang sangat parah dilengan kiri beliau selama tujuh hari. Kemudian beliau dimakamkan berdampingan dengan makam orang tuanya di pemakaman Qossun, Kairo.

Wallahu a’lamu bishshowab

Posting Komentar

0 Komentar