Like Us Facebook

Biografi Syekh Ibnu Qasim al-Ghazy, Sang Pengarang Kitab Fath al-Qorib

 


Beliau dikenal sebagai orang yang qona’ah, tidak senang dengan pangkat dan jabatan, tidak senang dengan popularitas dan berperangai tenang.



Oleh: Bagus Akhmad Mustafid

 1.  Biografi Syekh Ibnu Qasim al-Ghazy

    Hampir di seluruh pesantren yang ada di Indonesia, pasti mempelajari kitab Fathul Qorib. Fathul Qorib adalah sebuah kitab yang pembahasannya ringkas, namun hampir semua pembahasan Fiqih bisa masuk di dalamnya. 

    Dengan pembawaan yang sederhana, kitab tersebut sangat cocok bagi pemula dalam mempelajari ilmu Fiqh. 


* * *


    Kitab tersebut merupakan salah satu karya dari seorang ulama’ yang alim dalam bidang Fiqih, yaitu Abu Abdillah Muhammad bin Qasim bin Muhammad bin Muhammad Syamsuddin al-Ghazi al-Qahiri asy-Syafi’i. 

    Beliau terkenal dengan dua nama yaitu: Ibnu Qasim atau Ibnu al-Gharabili. Beliau lahir pada bulan Rajab bertepatan dengan tahun 859 H. Beliau tumbuh besar ditanah kelahirannya. 

    Ibnu Qasim memulai perjalanan pendidikannya di kota tempat kelahirannya. Di sana, beliau mulai belajar ilmu agama dengan menghafal al-Qur’an di maktab.

    Kemudian beliau belajar ilmu Qiro’at dengan mengaji kitab asy-Syatibiyyah, belajar ilmu Fiqih dengan kitab Minhaj Nawawi, belajar ilmu Hadits dengan kitab Alfiyah Hadits, belajar ilmu Nahwu dengan kitab Alfiyah Ibn Malik, dan belajar ilmu Ushul Fiqh dengan kitab Jam’u al- Jawami’, dan berbagai ilmu lainnya yang beliau pelajari.

    Setelah merasa punya bekal yang cukup, beliau melanjutkan rihlah keilmuannya ke Kairo, belajar di masjid Al-Azhar. Yang dimana pada waktu itu Al-Azhar merupakan kiblat ilmu pengetahuan dalam dunia Islam. Kedatangan beliau ke Kairo pada tahun 881 H dalam usia 22 tahun.


2. Guru-guru Syekh Ibnu Qasim

Syekh Ibnu Qasim memiliki banyak guru dalam mempelajari ajaran-ajaran agama Islam. Berikut adalah beberapa guru Syekh Ibnu Qasim:

  1. Al-Imam Muhammad bin ‘Abdul Mun’im bin Muhammad al-Jaujari as-Syafi’I (821-889 H/1419-1484 M), dari beliau mempelajari Ushul Fikih dan ilmu ‘Arudh secara utuh sampai selesai.
  2. Al-Imam Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Muhammad bin Abu Bakar bin ‘Utsman bin Muhammad as-Sakhowi as-Syafi’I (821-891 H), dari beliau mempelajari kitab Alfiyah Hadits sampai selesai, kitab al-Adzkar Nawawi, kitab al-Qaul al-Badi’ dan beberapa kitab karya Imam as-Sakhowi sendiri.
  3. Kamaluddin ibn Abi Syarif Muhammad bin Muhammad al-Maqdisi as-Syafi’I (822-906 H), dari beliau mempelajari Fiqh, Ushul Fiqih, dan sebagainya. Dari beliau juga Ibn Qasim belajar kitab Jam’u al-Jawami’.
  4. Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Ghazal as-Syafi’I (826-912 H), dari beliau Ibnu Qasim mempelajari ilmu Faraidh, al-Jabar, dan sebagainya.
  5. Syaikhul Islam Zakaria al-Anshari (823-926 H).
  6. As-Syamsu al-Himshi, dari beliau mempelajari ilmu Fiqih, Lughoh, dan sebagainya.
  7. Al-‘Abadi, dari beliau mempelajari ilmu Fiqih.
  8. Alauddin al-Hishni, dari beliau mempelajari kitab Syarah al-‘Aqaid dan hasyiyah-nya, syarah at-Tashrif, al-Quthbi fi al-Mantiq, dan sebagainya.
  9. Zainuddin Zakaria, dari beliau mempelajari bab qiyas dalam kitab Jam’u al-Jawami’ karya al-Mahalli dan Qiraat Sab’ah.
  10. Jamaluddin al-Kurani, dari beliau mempelajari kitab Syarah Asykal at-Ta’sis.
  11. Syamsuddin Muhammad bin al-Qadiri, dari beliau mempelajari ilmu Qira’at.
  12. Zainuddin Ja’far, dari beliau mempelajari ilmu Qira’at Sab’ah dan Arba’ah Asyar.
  13. Syamsuddin Muhammad bin Abu Bakar al-Himshani, dari beliau mempelajari ilmu Qiraat ‘Asyrah sampai surah al-Hijr.
  14. As-Sanhuri, dari beliau mempelajari ilmu Qiro’at sampai surat al-‘Ankabut.
  15. Badruddin al-Mardini, dari beliau memperjari ilmu Faraidh, Hisab, al-Jabar, dan ilmu-ilmu Aksakta.
  16. Syamsuddin Abul Wafa Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Hidr al-Ghazi as-Syafi’I (812-881 H), dari beliau mempelajari ilmu Fiqh dan Lughoh.


3. Karya Tulis Syekh Ibnu Qasim

Syekh Ibnu Qasim mempunyai andil yang cukup besar diberbagai cabang fan ilmu, dilihat dari kitab karangan beliau yang banyak seperti Nahwu, Shorof, Fiqih, 'Aqoid dan sebagainya.

    Diantara karya-karya beliau yang paling penting disebutkan oleh pakar sejarah adalah:

  1. Fath al-Qorib al-Mujib fii Alfadzi at-Taqrib, kitab Fiqh dasar pokok di kalangan santri pesantren Indonesia, yang menjadi syarah (penjelas) dari kitab at-Taqrib karya Syekh Abi Syuja'.
  2. Fath ar-Robbi al-Malik syarah atas Alfiyah Ibnu Malik.
  3. Hasyiah atas Syarh Tashrif karya sa’duddin at-Taftazaniy.
  4. Hasyiah atas Syarh ‘Aqaid Nasafiah karya at-Taftazaniy.
  5. Syarh Minhaj at-Tholibin karya Imam Nawawi.
  6. Al-Qoul al-Wafi li Syarhi ‘Aqoid an-Nasafi.
  7. Nuzhatu an-Nadhir bi at-Thorfi dalam ilmu Shorof.
  8. Nafa'is al-Faroidh wa ‘Araisu al-Fawa'id.


4. Wafatnya Ibnu Qasim

Aktivitas beliau selama di Kairo adalah belajar di masjid al-Azhar. Setelah itu menjadi pengajar di masjid yang sama dan menjadi pengajar di masjid al-Qal’ah. 

    Beliau dikenal sebagai orang yang qona’ah, tidak senang dengan pangkat dan jabatan, tidak senang dengan popularitas dan berperangai tenang. Beliau wafat di Kairo pada hari Rabu, 6 Muharrom 918 H dalam usia 58 tahun.

 

Referensi:

  • Kitab Fath al-Qorib al-Mujib cetakan Dar al-Minhaj.
  • Buku Sanad Ulama Nusantara: Transisi Keilmuan Ulama al-Azhar dan Pesantren.


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh mau bertanya untuk refrensi buku dari biografi Syaikh ibu Qosim Al ghazi bersumber dari mana njih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Referensinya berasal dari buku berjudul "Sanad Ulama Nusantara: Transisi Keilmuan Ulama al-Azhar dan Pesantren"

      Selain itu juga berasal dari "Kitab Fath al-Qorib al-Mujib cetakan Dar al-Minhaj" bagian depan.

      Hapus